Salim Segaf: Keluarga Pilar Utama Ketahanan Bangsa

Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al-Jufri, dalam webinar Memaknai Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional 2021 bertajuk ‘Saatnya Menjadi Orang Tua’ yang digelar Fraksi PKS DPR RI, Jakarta, Rabu (14/7/2021).jpeg

KBRN, Jakarta: Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Salim Segaf Al-Jufri mengungkapkan, bahwa keluarga adalah pilar utama ketahanan bangsa.

Hal itu disampaikan Salim saat menjadi keynote speaker webinar Memaknai Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional 2021 bertajuk "Saatnya Menjadi Orang Tua" yang digelar Fraksi PKS DPR RI, Jakarta, Rabu (14/7/2021).

“Keluarga, orang tua dan generasi yang lahir darinya adalah pilar utama yang melahirkan bangsa, bahkan peradaban,” ungkapnya.

Menurut Salim, tema yang berkaitan dengan orang tua akan selalu relevan sepanjang masa, terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang sedang melanda Bangsa Indonesia.

“Dampak pandemi bukan hanya aspek kesehatan, tapi juga pada ekonomi, sosial, politik dan pendidikan. Bahkan masa depan generasi bangsa,” ujar manta Menteri Sosial itu. 

Salim mengatakan, ada prediksi yang mengemuka, bahwa sebuah bangsa akan kehilangan satu generasi jika pandemi COVID-19 tidak tertangani dan terus berkepanjangan.

“Di balik itu, kita tetap bisa memaknai secara positif, yaitu semakin intens interaksi di antara orang tua dan anak-anak yang diharapkan terbentuk ikatan atau bonding yang semakin kuat,” katanya.

Salim menilai, bahwa pandemi semakin menyadarkan mengenai peran penting orang tua, yakni mendidik serta menyiapkan masa depan putera dan puterinya kelak.

“Keluarga adalah pilar utama ketahanan bangsa, keluarga juga pilar pembangunan nasional, keluarga yang kuat memberikan kontribusi pada kokohnya bangsa. Karena keluarga melahirkan generasi,” ungkapnya.

Salim menyampaikan, dalam sebuah keluarga diharapkan bisa terlahir anak-anak yang memiliki pondasi intelektual, emosional dan spiritual yang kuat. Serta melahirkan generasi yang cerdas, beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia.

“Keluarga adalah sekolah pertama dan utama,” ujarnya.

Salim mengatakan, penting bagi orang tua mengajarkan Alquran serta bersikap adil terhadap anak agar menjadikan tumbuh kembang mereka menjadi pribadi soleh dan solehah.

“Dimanapun posisi kita, ada di pemerintahan, di luar pemerintahan, di partai A, partai B, partai C, semua harus bergandengan tangan. Saling melengkapi akan muncul satu kekuatan yang mampu kita mengukir sejarah yang indah untuk bangsa ini ke depan.terutama untuk generasi mendatang,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar