Jenis Tutup Kepala Seragam Polri Sesuai Kesatuan

Foto (Dok. Antarafoto)

KBRN, Jakarta: Sama seperti korps lainnya, Polri juga memiliki seragam atau pakaian dinas yang beragam. 

Salah satu kelengkapan seragam yang wajib digunakan adalah tutup kepala, berikut jenis dan atribut tutup kepala sesuai dengan kesatuan di tubuh Polri.

1. Pakaian Dinas Parade Komandan Upacara I, yakni menggunakan Helm warna putih dengan strip kuning reflektif dengan logo Tribrata.

2. Pakaian Dinas Parade Komandan Upacara II, yakni Pet Polri/Polwan warna cokelat tua Polisi dengan emblem Tribrata, lis dan hiasan pada klep sesuai golongan kepangkatan. 

3. Pakaian Dinas Parade Komandan Pasukan, yakni Pet Polri/Polwan warna cokelat tua Polisi dengan emblem Tribrata, lis dan hiasan pada klep sesuai golongan kepangkatan.

4. Pakaian Dinas Harian Polisi Berseragam, yakni pet Polri warna cokelat tua Polisi dengan emblem Tribrata, lis dan hiasan pada klep sesuai golongan kepangkatan, dan fieldcap warna cokelat tua Polisi dengan logo Tribrata, lis dan hiasan pada klep sesuai golongan kepangkatan.

5. PDH Brimob, yakni Baret warna biru dongker dengan emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dan emblem warna merah.

6. PDH Polantas, yakni Pet Polri/Polwan warna putih dengan emblem Tribrata, lis dan hiasan pada klep sesuai golongan kepangkatan.

7. PDH Polair dan Poludara, Baret warna biru benhur dengan emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas, emblem warna biru laut dengan pelapis bagian dalam warna orange.

8. PDH Sabhara, yakni Baret warna cokelat tua Polisi dengan emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dan emblem warna kuning.

9. PDH Polsatwa, yakni Baret warna cokelat tua Polisi dengan emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dan emblem warna hitam.

10. PDH Provos Baret warna biru laut dengan emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dan emblem warna biru muda.

11. PDH Pamkol dan Satsik, yakni Baret warna cokelat tua Polisi dengan emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dan emblem warna merah maroon.

12. PDH instruktur dan Pengasuh, yakni Instruktur menggunakan fieldcap merah dan Pengasuh warna biru dengan emblem Tribrata, lis dan hiasan pada klep sesuai dengan golongan kepangkatan.

13. PDL I Polantas, yakni Pet warna putih dengan emblem Tribrata, lis dan hiasan pada klep sesuai golongan kepangkatan.

14. PDL I Sabhara, yakni Baret warna cokelat tua Polisi dengan emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dan emblem warna kuning.

15. PDL I Provos, yakni Baret warna biru laut dengan emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dan emblem warna biru muda.

16. PDL I Pamobvit dan Polisi Pariwisata, yakni Pet warna cokelat tua Polisi dengan emblem Tribrata, lis dan hiasan pada klep sesuai golongan kepangkatan.

17. PDL II Tone Brimob Pria, yakni Baret warna biru dongker dengan emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dan emblem warna merah.

18. PDL-II Two Polair dan Poludara, yakni Baret warna biru benhur dengan emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas, emblem warna biru laut dengan pelapis bagian dalam warna orange. 

19. PDL II Two Tone Instruktur dan Pengasuh, yakni Instruktur menggunakan fieldcap merah dan Pengasuh warna biru dengan emblem Tribrata, lis dan hiasan pada klep sesuai dengan golongan kepangkatan.

20. PDL II Loreng Brimob, yakni Baret warna biru dongker memakai emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dengan dasar warna merah.

21. PDL II Hitam, yakni Baret warna biru dongker memakai emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dengan dasar warna merah.

22. PDL II Pelacak, yakni Baret warna cokelat tua memakai emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dengan dasar emblem warna hitam.

23. PDL II Patwal Roda Dua, yakni untuk Polantas dan Provos menggunakan helm warna putih kombinasi biru dengan logo Tribrata, di bagian belakang helm terdapat tulisan “POLISI”, sementara untuk Sabhara menggunakan helm warna cokelat muda Polisi kombinasi cokelat tua Polisi dengan logo Tribrata, di bagian belakang helm terdapat tulisan “POLISI”.

24. PDL II Oelaut Polair, yakni Baret warna biru benhur, pelapis bagian dalam baret warna orange memakai emblem Tribrata dalam bingkai pita warna kuning emas dengan dasar warna biru laut.

25. Pakaian Dinas Dokpol I, yakni Fieldcap warna biru tua bertuliskan “KEDOKTERAN KEPOLISIAN” dibordir pada bagian sisi sebelah kiri fieldcap, lambang Tribrata pada sisi depan fieldcap dan tulisan ”DOKPOL” dibordir di klep.

26. Pakaian Dinas Olah TKP Inafis, yakni topi dengan logo Tribrata untuk anggota Polri dan logo Korpri untuk PNS serta lis berdasarkan golongan kepangkatan. Pada bagian kiri dibordir tulisan “INAFIS” dan bagian kanan bordir “CSI INDONESIA”. Pada bagian belakang atas bordir tulisan “VELOX EXACTUS ET ACCURATUS”. Bagian lidah depan topi lis warna orange.

27. PD Misi PBB, yakni Baret warna biru dan emblem sesuai dengan ketentuan PBB. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00