Meski Dalam Masa Pandemi, Target Program KB Kota Kediri Terpenuhi

KBRN . Kediri : Satu tahun masa pandemi, tingkat masyarakat melakukan program KB di Kota Kediri masih tinggi. Bahkan, target  tahun 2020 lalu terpenuhi. 

Berdasarkan  data Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kediri, sepanjang tahun 2020, pasangan usia subur di Kota Kediri berjumlah 44.733 ribu orang.  Dari jumlah tersebut, pasangan usia subur bukan peserta KB berjumlah 12.671 orang, sedangkan yang ikut KB  8.132 orang. Sementara peserta KB aktif di Kota Kediri sebanyak 32.050 orang. Dari data tersebut, diketahui  cakupan prosentase kepesertaan yang ikut KB aktif sebesar 71.66%. Padahal, target KB di Kota Kediri sebesar 70.1%. 

Sumedi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kediri mengatakan, dengan demikian target untuk Kota Kediri dalam program KB terpenuhi. 

Sumedi menambahkan, pada Masa Pandemi ini, untuk menekan angka persebaran Covid 19, maka penggunaan kontrasepsi dialihkan menjadi program jangka pendek, yakni dengan menggunakan kondom dan pil. Tujuannya, untuk mengurangi kontak dengan tenaga kesehatan. Sebelum pandemi, KB dilakukan dengan kontrasepsi jangka panjang, seperti IUD, dan spiral, yang langsung kontak dengan tenaga kesehatan.

Untuk Tahun 2021 ini, masyarakat tetap bisa menggunakan program KB Jangka panjang. Tetapi, akseptor KB harus melakukan test covid 19 lebih dulu. (AK)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar