Banten Bertekad Perbaiki Peringkat di PON XX Papua

Ketua KONI Provinsi Banten, Rumiah Kartoredjo saat berdialog di Studio Pro 1 SP RRI Banten di Serang. (RRI/Dendy)

KBRN, Serang: Kontingen Banten diharapkan bisa memperbaiki peringkat diajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Karena diajang multi event empat tahunan di Jawa Barat 2016 lalu, Banten menduduki peringkat 13 nasional dengan raihan 11 emas, 20 perak, dan 26 perunggu.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Banten, Rumiah Kartoredjo menuturkan, tahun ini atlet Banten diharapkan bisa mendongkrak peringkat hingga ke 10 besar. Optimisme Rumiah mencuat setelah melihat semangat dari para atlet yang tetap gigih berlatih meski di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Dokter Pastikan Kondisi Kesehatan Atlet Banten Prima

“Saya melihat, luar biasa semangat dari para atlet dan pelatih walaupun dengan latihan terbatas tapi semangat jawara. Semoga jawara di Banten jawara juga di Papua,” ujar Rumiah saat berdialog di Studio Pro 1 SP RRI Banten di Serang, Jumat (17/9/2021).

Bahkan dia menyebut semua cabang olahraga yang diikuti kontingen Banten memiliki kans besar untuk menyumbangkan medali.

“Kalau unggulan, kami nilai semua unggulan karena saat kualifikasi PON, kami memilih atlet yang mencapai ranking 1 sampai 3. Jadi atlet ini benar-benar pilihan,” sambungnya yakin.

Baca juga: Pemprov Janjikan Bonus Bagi Atlet Banten yang Berprestasi di PON Papua

Hanya saja dia mengakui hal itu tidak lah mudah, mengingat banyak pesaing yang juga memiliki kualitas tak kalah bagus. Akan tetapi setidaknya dia mencanangkan digelaran PON kali ini Banten bisa mempertahankan peringkatnya.

“Rangking itu harus kita pertahankan, kalau bisa lebih baik dibanding Jabar, paling tidak bisa masuk 10 besar,” sebutnya.

Apalagi tambah purnawirawan Polri ini, empat tahun lalu menjadi catatan sejarah bagi dunia olahraga Banten. Mengingat sebelumnya, Banten selalu berada diluar posisi 20 besar. Oleh karenanya capaian peringkat 13 pada PON Jabar lalu menjadi torehan prestasi yang terbilang gemilang.

Baca juga: 5 Atlet Banten Dilantik Jadi Aparatur Sipil Negara

“Tahun 2016, kita ada diranking 13 dengan 11 emas, 20 perak, dan 26 perunggu. Itu sudah bagus karena selama 4 kali PON selalu di atas rangking 20 (atau) 21,” tutupnya.

Pada PON yang akan berlangsung sejak 2-15 Oktober nanti, kontingen Banten menerjunkan 261 atlet terbaiknya, yang terdiri atas 194 atlet pria dan 67 atlet wanita. Mereka akan berlaga di 37 Cabang Olahraga. 14 diantaranya tergolong sebagai Cabor unggulan, seperti angkat besi, atletik, binaraga, gantole, karate, dan terbang layang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00