Berikut Pasal Yang Mengatur Tentang Tindak Pidana Pembunuhan

KBRN, Kota Tegal : Pembunuhan ataupun perbuatan lainnya yang menimbulkan hilangnya nyawa orang termasuk kategori tindak pidana. Sanksi dari melakukan tindak pidana tersebut diatur dalam sejumlah pasal di Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tegal, Teguh Sutadi SH MH menjelaskan, tindak pidana menghilangkan nyawa orang merupakan tindak pidana yang menyebabkan orang meninggal dunia atau kehilangan nyawanya.

“Jenisnya ada pembunuhan berencana, ada pembunuhan biasa, ada pembunuhan yang disertai tindak pidana lain, misalkan niatnya mencuri tapi korban memergoki akhirnya dihilangkan nyawanya,” ungkapnya saat menjadi narasumber dalam Dialog Jaksa Menyapa RRI Purwokerto, Kamis (8/10/2020).

Jaksa Fungsional Kejari Kota Tegal, Teguh Sutadi SH MH

Secara umum Ia merinci, pembunuhan berencana di atur dalam pasal 340 KUHP dengan ancaman maksimal hukuman mati, pembunuhan dengan disertai tindak pidana lain diatur dalam pasal 339 KUHP dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun dan pasal 338 KUHP mengatur tentang pembunuhan biasa yang tidak direncanakan dan tidak disertai pidana lain dengan ancaman penjara maksimal 15 tahun.

“Itu hukuman maksimal, tidak ada minimalnya,” kata Teguh.

Terkait pembunuhan yang terjadi saat membela diri, Ia menyebut ada banyak faktor yang mempengaruhi untuk menentukan apakah tindakan tersebut memang betul pembelaan diri.

“Untuk menentukan seseorang membunuh karena membela diri itu sangat-sangat selektif. Misalkan korban sudah tidak ada kesempatan lain, maka dia akan melawan semaksimal mungkin sampai pelaku meninggal dunia, itupun harus benar-benar dibuktikan dipersidangan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Teguh mengimbau agar masyarakat dapat tetap taat dan patuh terhadap hukum.Ia juga meminta agar masyarakat tidak main hakim sendiri saat menemukan ada pelanggar hukum

“Saya harap masyarakat jangan sampai melakukan hal-hal yang demikian. Nyawa kan tidak bisa kembali,” pungkasnya. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar