Sejarah Wisma Atlet, yang Dijadikan Rumah Sakit Corona

KBRN, Jakarta : Pemerintah Indonesia terus memaksimalkan berbagai macam cara untuk menekan penularan dan penyebaran virus corona (covid-19). 

Dalam akun Instagramnya, Presiden Joko Widodo menyatakan jika pemerintah tengah menyiapkan rencana kontingensi kesiapan layanan rumah sakit. Baik rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan, juga mobilisasi rumah sakit yang lain, baik milik BUMN, TNI/Polri, rumah sakit swasta, dan juga rumah sakit darurat apabila diperlukan.

"Rencana kontingensi ini sedang kita siapkan sampai ke daerah, termasuk percepatan pembangunan rumah sakit di Pulau Galang, di Kepulauan Riau." kata Jokowi dalam akun Intagramnya.

Jokowi juga menyebut, jika pemerintah saat ini telah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat penanganan virus corona (covid-19) yang bisa digunakan pada Sabtu (21/3) malam.

"Untuk Wisma Atlet siap dijadikan rumah sakit darurat covid-19 dan juga rumah isolasi pada Sabtu malam 21 Maret 2020," kata Jokowi saat memberikan keterangan melalui siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/3).

Jokowi menyebut jika Wisma Atlet memiliki kapasitas yang cukup besar mencapai 15.000 unit. Lalu bagaimana sejarah pembangunan Wisma Atlet?

Baca juga : Ini Daerah Dengan Status Tanggap Darurat dan KLB COVID-19 di Indonesia

Sejarah Pembangunan Wisma Atlet

Wisma Atlet terletak di Kemayoran, Jakarta Utara. Wisma ini dibangun pada tahun 2018. Pembangunan ini ditunjukan untuk menyambut gelaran ajang pesta olahraga internasional , Asian Games dan Asian Para Games 2018. Dimana pada pesta olahraga ini Indonesia menjadi tuang rumah.

Wisma Atlet ini ditunjukan untuk menampung seluruh peserta dan staf Asian Games dan Asian Para Games 2018. Wisma Atlet yang memiliki 10 tower ini dibangun hanya dalam waktu 1,5 tahun saja. 

Wisma ini dilengkapi dengan ruang terbuka hijau, jogging track, laundry, lapangan golf seluas 38 hektar, parkir yang luas, ruang amphitheater yang digunakan sebagai wahana hiburan bagi para atlet dan beberapa fasilitas lainnya. 

Sehingga diperkirakan total luas tanah seluruh Wisma Atlet mencapai 105.873 meter persegi. Wisma Atlet ini pun dibangun dan dikerjakan langsung oleh Kementerian PUPR.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00