Gelombang Penolakan RUU Omnibus Law Disuarakan Mahasiswa Maluku Utara

Aksi Demo Penolakan RUU Omnibuslaw di Kantor RRI Ternate (Foto:Istimewa)

KBRN, Ternate: Berbagai elemen mahasiwa dari sejumlah perguruan tinggi di dan organisasi kepemudaan di Maluku Utara (Malut), Kamis (16/7/2020) pagi hingga siang tadi menggelar aksi turun ke jalan menolak pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law serta mendesak pemerintah dan DPR-RI agar segera membatalkan RUU tersebut.

Aksi yang dilakukan kali pertama di tengah pandemi COVID-19 itu digelar di depan kantor walikota ternate dan melakukan hearing dengan pemerintah Kota Ternate.

Assisten Tiga Setda Kota Ternate, Thamrin Alwi didepan masa aksi mengatakan akan mendukung serta menolak rencana pengesahan RUU Omnibus Law tersebut.

Setelah melakukan hearing dengan Pemkot Ternate, masa aksi kemudian melanjutkan long mars ke kantor Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP-RRI) Ternate untuk melanjutkan aksi yang sama.

Koordintor lapangan, Zulkarnain Pinang dalam peryataan sikapnya menegaskan, aksi tersebut adalah bentuk respon penolakan dari rakyat Maluku Utara.

Aksi Demo Penolakan RUU Omnibus Law di Depan Kantor Wali Kota Ternate (Foto:Istimewa) 

“Gerakan kita ini merupakan gerakan respon penolakan dan memberikan ketegasan kepada pemerintah pusat dan DPR-RI bahwa ada kekacawan di daerah ketika RUU ini dipaksakan,” ungkapnya.

Zulkarnain pada kesempatan tersebut juga membacakan 10 poin pernyataan sikap  menolak RUU Omnibus Law seraya menegaskan bila aksi ini tidak digubris pemerintah dan DPR-RI maka konsolidasi lebih besar akan dilakukan.

“Tuntutan kami adalah, sahkan RUU PKS, tertibkan Tenaga Kerja Asing (TKA), hentikan ijin tambang dan sawit di Malut, tolak kenaikan iuran BPJS, cabut perpres No 20 tahun 2018 tentang TKA, gratiskan biaya pendidikan dimasa pendemi, tertibkan UMK, selamatkan komoditi lokal dan sahkan RUU pekerja rumah tangga serta selamatkan komoditi lokal kopra yang anjlok di Maluku Utara,” tegasnya.

Setelah menyampaikan aksi di depan RRI Ternate, para masa aksi langsung membubarkan diri secara tertib yang dikawal aparat keamanan baik Polres maupun Polsek Ternate Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00