Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif MSi Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Bidang Pendidikan

KBRN Surakarta : Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Dr. Sofyan Anif MSi dikukuhkan sebagai Guru Besar UMS bidang Manajemen Pendidikan.

Pengukuhan dilakukan oleh Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti Prof. Dr. Ali Gufron di Aditorium Muhammad Jazman Kampus setempat, Kamis (08/08/2019).

Prof. Dr. Sofyan Anif MSi merupakan guru besar di bidang pendidikan ke 3 yang dimiliki UMS, dengan proses pengajuan hanya sekitar empat bulan. 

Dalam pidato pengukuhannya, Prof Dr. Sofyan Anif MSi mengangkat persoalan kualitas pendidikan.

Tema yang di pilih yakni pengembangan kompetensi SDM pendidik berbasis Continues Profesional Development (CPD) pada era disruption.

“ Ya, terdapat sejumlah persoalan yang menjadi dalam pendidikan, seperti persoalan pendidikan yang masih jadi masalah aktual, kondisi kompetensi guru dari berbagai survey belum optimal, peradaban dunia berkembang pesat terutama bidang IT hingga hadirkan fenomena era induatri 4.0, bahkan ada negara maju 5.0.,” ungkapnya.

Dikatakan Sofyan Anif baik buruknya bangsa juga tergantung dari guru, harus mengembangkan potensinya, wajib merubah mindset guru dan pejabat untuk mengikuti perkembangan era.

“ Guru bukan satu-satunya sumber belajar, sehingga harus lebih berkualitas. Guru harus mampu punya daya saing, kreatifitas dan inovatif yang tinggi “ tkasnya.

Di akhir pidatonya, Prof. Dr. Sofyan Anif MSi sembari terharu menyatakan  bersyukur dan mengucap terimakasih hingga mencapai prestasi, terutama almarhum kedua orang tuanya.

“ Ya, kami menghaturkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami, terutama kedua orang tua kami yang telah  membesarkan saya meskipun kami hidup dalam derita kemiskinan yang cukup panjang akan tetapi mereka begitu bermakna dalam hidup saya,” ungkap Anif secara tersedu.

Acara pengukuhan dihadiri Ketua Umum PP Muhamadiyah Haedar Nasir, mantan Rektor UMS periode sebelumnya Prof. Bambang Setiadi, alumni UMS yang sudah menjadi Guru Besar, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. DYP Sugiharto, Ketua Forum Rektor Indonesia, dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof. Jamal Wiwoho.(Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00