KRL Perpanjang Jaringan Sampai Stasiun Palur

Rangkaian Kereta Rel Listrik saat berhenti di Stasiun Klaten Jawa Tengah

KBRN, Surakarta: Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo resmi beroperasi penuh sepekan terakhir. Pengelola pun akan memperpanjang jaringan KRL.

Kedepan tidak hanya sampai Stasiun Solo Balapan, namun hingga Stasiun Palur, Karanganyar. Humas Kereta Comuter Indonesia KCI Adli Hakim mengungkapkan, rencana yang disampaikan pemerintah itu akan terus diperpanjang rutenya hingga stasiun stasiun lainnya.

Namun diakuinya pihaknya belum bisa memastikan rencana tersebut karena bukan kewenangannya. "Pemerintah memang berencana akan menambah rute hingga palur dan akan diperpanjang rutenya hingga stasiun stasiun lain," katanya ketika dihubungi RRI, Kamis (18/2/2021).

Sementara itu dengan adanya penambahan

rute sampai Palur Karanganyar, PT KAI sudah mengajukan pemasangan listrik daya baru sebesar 5 Megawatt untuk elektrifikasi. 

Adapun Informasi pengajuan tambahan daya listrik dari PT KAI itu disampaikan Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan UP3 Surakarta Ari Prasetyo. Ari mengatakan, di Stasiun Jebres nanti akan di bangun 1 gardu listrik lagi dengan daya sekitar 5 MW yang prosesnya masih di KAI yang sedang dalam proses lelang.

"Untuk operasional KRL rute Yogya Solo, PLN selalu menyiapkan daya back up atau cadangan. Seperti PLN menyiapkan daya cadangan di Stasiun Purwosari dengan menarik langsung dari gardu listrik induk jajar," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00