Aron-Subandrio Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Definitif, Ini Pesan Gubernur Sutarmidji

KBRN, Pontianak: Aron-Subandrio akhirnya resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Definitif, pasca ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Serentak Kabupaten Sekadau 2020 hasil penghitungan suara ulang di 65 TPS di Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau.

Proses Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Terpilih Tahun 2020, dilakukan oleh Gubernur Kalimatan Barat Sutarmidji bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Gubernur Sutarmidji menegaskan, ada beberapa poin penting yang harus dilaksanakan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Terpilih, diantaranya fokus penanganan Kasus Covid 19, Pengelolaan Keuangan Daerah mesti dilaksanakan secara non tunai atau elektronik, serta transparan dalam menempatkan pejabat eselon sesuai bidang dan kompetensi.

“Saya minta pak bupati dan wakil fokus tangani Covid 19, dan lakukan dengan semaksimal mungkin. Kalau tidak, saya sudah bilang ke BKAD dana transfer daerah  dari propinsi tidak dicairkan, sebelum melaksanakan tracing, testing dan treatment,”pintanya Senin (26/04/2021).

Selain itu, dirinya berharap, agar bupati segera mengajukan nama Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sekadau definitif, untuk kemudian diajukan dan dilaporkan kepada Mendagri.

“Saya harap itu, segera ajukan ke saya. Karena hasil open bidding sekda sudah ada. Serahkan ke saya secepatnye, karena bupati perlu Sekda definitf, karena bapak perlu penataan birokrasi,” harapnya.

Sementara itu, pasca dilantik sebagai Bupati Sekadau definitif, Aron mengungkapkan, pihaknya akan melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam upaya memaksimalkan penanganan kasus Covid 19 di kabupaten itu. Begitu pula dengan transpansi anggaran, serta penempatan pejabat eselon yang mesti melewati proses dan tahapan secara transparan.

“Pasca ini  kami akan berkoordinasi dan melaksanakan rapat kerja dengan instansi terkait, artinya kami akan tindaklanjuti itu. Kita akan berkoordinasi dengan setiap SKPD terkait Covid 19,”imbuhnya.

Sebelumnya, proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau seyogyanya dilaksanakan bersama-sama dengan lima kepala daerah kabupaten terpilih hasil Pilkada serentak 2020 pada Februari 2021 lalu. Karena kala itu proses sengketa Pilkada Kabupaten Sekadau sedang berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga pelantikan akhirnya ditunda.

Namun, berdasarkan hasil dari rekapitulasi penghitunga suara ulang Pilkada tingkat Kabupaten Sekadau, pasangan calon Bupati nomor urut 01 Aron Subandrio (PAS) memperoleh suara sebanyak 57.948 suara.

Sementara pasangan calon Bupati nomor urut 02 Rupinus Aloysius (RA) memperoleh suara sebanyak 56.428 suara.

Dengan demikian, Aron-Subandrio ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sekadau untuk periode 2020-2025.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00