Adil Ahmad Ibra Peraih Perunggu Akuatik PON XX Papua Ikut Wisuda ke 20 STBA LIA Jakarta

KBRN, Jakarta : Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA Jakarta menyelenggarakan  Wisuda Sarjana dan Diploma ke-20 Tahun Akademik 2020/2021 di Gedung  Balai Komando Kopassus, Jl. R.A Fadillah Cijantung 1, Jakarta Timur, Kamis 16 Desember 2021. 

Pada wisuda kali ini tercatat sebanyak 73 lulusan yang terdiri dari 69 Sarjana Linguistik Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang,  serta 4 Ahli Madya Linguistik, 20 diantaranya lulus dengan yudisium Cum Laude. Acara wisuda pertama yang diadakan secara luring sejak pandemi ini diikuti oleh  wisudawan beserta dua pendamping mereka dengan tetap mengikuti protokol Covid -19 secara ketat. 

Dalam pesannya kepada para wisudawan, Ketua STBA LIA Jakarta, Dr. Siti Yulidhar Harunasari, M.Pd menekankan, agar para alumni menjaga nama baik almamater STBA LIA dan menerapkan nilai-nilai luhur STBA LIA.

“Jagalah nama baik STBA LIA, amalkan ilmu yang telah Saudara-saudara dapatkan untuk kebaikan, dan berkaryalah untuk memberi kebermanfaatan bagi masyarakat luas dengan selalu menerapkan nilai-nilai luhur STBA LIA: yaitu Unggul, Profesional, dan Peduli. Semoga, momen wisuda ini menjadi titik tolak bagi Saudara semua dalam menyongsong kehidupan baru yang lebih gemilang”, ujarnya dalam keterangan pers, Kamis, (16/12/2021). 

Dalam acara yang dihadiri oleh Kepala LLDIKTI III Prof Agus Setyo Budi tersebut, Siti Yulidhar juga menyampaikan kegiatan dan hasil Tridharma Pendidikan satu tahun terakhir, di antaranya pertukaran mahasiswa internasional yang selama pandemi disiasati secara daring sehingga program yang telah lama berjalan dengan perguruan tinggi mitra seperti Kanda University of International Studies, Kochi University,  serta Ritsumeikan Asia Pasific University dapat terus berlangsung.  

Selain itu dilaporkan juga mahasiswa STBA LIA yang berprestasi dalam berbagai bidang.  Adil Ahmad Ibra meraih medali perunggu pada PON XX Papua Cabang Olahraga Akuatik - Loncat Indah, sedangkan Ahmad Fauzan—keduanya mahasiswa S1 Bahasa Inggris—  berturut-turut  menjadi Juara 1 Speech Competition di 5 kejuaraan yang diselenggarakan oleh STBA JIA, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Universitas Brawijaya, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten.

Berubah Menjadi Universitas LIA Sementara itu Mayjend TNI (Purn) Dr. Aqlani Maza, MA, Ketua Pengurus Yayasan LIA mengatakan,  sebagai yayasan yang salah satunya menyelenggarakan STBA LIA Jakarta, pihaknya sangat menyadari bahwa mutu akademik akan dapat dicapai apabila terus mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian Kepada Masyarakat.Untuk itu, 

Karena itu, pihaknya berkomitmen penuh untuk terus mengupayakan pengembangan STBA LIA Jakarta menjadi Universitas LIA dengan 4 program studi baru yakni Teknik Informatika, Sistem Informasi, Bisnis Digital dan Desain Komunikasi Visual. 

“Insya Allah tahun 2022 akan melakukan perubahan bentuk menjadi Universitas LIA dimana program studinya akan bertambah yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, Bisnis Digital dan Desain Komunikasi Visual,”ujar Aqlani Maza.

Keempat program studi baru itu didasarkan pada kebutuhan masyarakat di masa depan dengan melihat peluang kerja dan perkembangan teknologi, serta penguasaan Bahasa asing sebagai keunggulan dan  added value bagi lulusan Universitas LIA. 

Berdiri pada tahun 1999, tahun ini STBA LIA berusia 22 tahun dan  telah menuai beberapa prestasi, antara lain: meluluskan sebanyak 2795 orang Sarjana Linguistik dan Ahli Madya Linguistik sesuai dengan bidang kebahasaan masing-masing.

Memperoleh apresiasi atas kinerja pelaporan PDDIKTI 100% selama 4 semester berturut-turut, TOP 40 Laporan Kinerja Media Sosial Perguruan Tinggi Terbaik, Lolos seleksi oleh tim Microsoft untuk mengikuti program MBKM Studi Independen. 

Dalam periode 1 tahun  terakhir, telah menyelenggarakan 21 seminar nasional dengan pembicara-pembicara seperti Bapak Dr. Sandiaga Uno, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc., Dr. Dino Patti Djalal, dan Indy Rahmawati. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar