[Cek Fakta] BPJS Bantu Dana Rp150 Juta

Cek Fakta] BPJS Bantu Dana Rp150 Juta ( foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah pernyataan melalui layanan pesan singkat atau SMS yang mengatakan terdapat pemberian dana dari BPJS Kesehatan sebesar Rp150 juta. 

Bahkan, pesan tersebut juga mencantumkan tautan dan pin yang nantinya dimasukkan dalam tautan tersebut, berikut narasinya:

“Slmat No Anda TrpilihMndpatkan Dana Bantuan IDR.150.000.000U/Info Lbih LngkpnyaSilahkn Buka LinkBit[dot]ly/DanaBPJSKesehatanPIN Locked 257257”

Berdasarkan penelusuran, ternyata informasi tersebut adalah salah atau hoaks.

Pasalnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M. Sc, Ph.D., AAK melalui akun resmi Instagram BPJS Kesehatan menegaskan bahwa segala bentuk informasi yang mengatakan tentang pemberian dana dari BPJS Kesehatan melalui SMS atau Whatsapp merupakan hoaks.

Bahkan, ia mengatakan bahwa biasanya segala bentuk informasi mengenai BPJS kesehatan hanya diinformasikan melalui akun resmi media sosial BPJS Kesehatan pada Facebook, Twitter, Youtube, Tiktok, Instagram, Mobile JKN serta Care Center di nomor 1500 400. 

Selain itu, Hasil periksa fakta dengan narasi serupa juga sudah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] SMS Bantuan Dana dari BPJS” dan “[SALAH] Bantuan Dana dari BPJS Kesehatan”.

Kesimpulan

Jadi berdasarka penelusuran diatas, informasi yang menyatakan BPJS beri bantuan Rp160 juta adalah hoaks. 

Faktanya, Dirut BPJS sensiri mengatakan tentang pemberian dana dari BPJS Kesehatan melalui SMS atau Whatsapp merupakan hoaks.

Referensi

https://turnbackhoax.id/2021/06/27/salah-sms-bantuan-dana-dari-bpjs/https://turnbackhoax.id/2021/04/27/salah-bantuan-dana-dari-bpjs-kesehatan/https://www.instagram.com/p/CPpPMhZlnTN/?utm_medium=copy_link

(imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00