Jumlah Wirausaha di Indonesia Tembus 8 Juta Jiwa

KBRN, Pekanbaru : Jumlah wirausaha di Indonesia menembus 3,1 persen dari total jumlah penduduk yang saat ini sekitar 260 juta jiwa atau sekitar 8,06 juta jiwa, angka tersebut melampaui standar internasional sebanyak 2 persen.

Hal itu dikatakan oleh Endang Suwartini selaku Direktur Industri Kecil dan Menengah, Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut (LMEA), Kementerian Perindustrian RI, dalam rangkaian kunjungan kerja di Pekanbaru.

Dia mengatakan pihaknya optimistis persentase jumlah wirausaha Indonesia bisa mencapai 5 persen di tahun 2019 atau sama dengan yang dicapai Malaysia saat ini.

"Tahun sebelumnya atau pada tahun 2016, rasio wirausaha di tanah air baru 1,65 persen, hingga akhir tahun 2017 telah mencapai lebih dari 3,1 persen," katanya, Kamis (21/3/2019).

Menurutnya, walaupun sudah mencapai 8,06 juta jiwa namun jumlah wirausaha di Indonesia masih terbilang rendah, dibanding negara lain, seperti Singapura yang telah mencapai 7 persen dan Malaysia sebesar 5 persen.

"Kemenperin dan Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen terus berupaya meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia, diantaranya dilakukan melalui sejumlah pelatihan, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM dan bimbingan teknis," ungkapnya.

Endang Suwartini juga mengakui selain memberikan pelatihan, pemerintah juga memberikan bantuan modal awal dan peralatan kepada wirausaha pemula untuk pengembangan usaha mikro.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00