Cara Terbaru Optimalkan 'Social Media' Marketing di Era Digital

Ilustrasi Social Media Marketing

KBRN, Jakarta: Seiring berjalannya waktu kini dunia marketing sudah banyak mengalami perubahan, dari mulai cara promosi sampai alat atau media yang digunakan pastinya sudah semakin baik dan lebih efisien. Salah satu alat promosi yang sering digunakan adalah social media marketing, karena dirasakan lebih bisa bekerja dengan baik dan bisa lebih efisien dari segi waktu dan untuk biaya yang dikeluarkan.

Bukan hanya faktor itu saja, mengingat semakin banyaknya pengguna media sosial dan didukung oleh jaringan internet yang sudah tersebar hampir ke seluruh negeri bahkan dunia, maka tidak heran jika social media marketing  semakin mendapatkan tempat untuk dijadikan andalan para pengusaha untuk memperkenalkan produk/jasa bahkan brand mereka masing-masing.

Social media marketing adalah pemasaran digital yang menggunakan beberapa akun social media untuk memasarkan produk atau jasa bisnis melalui cara berbayar maupun organik. Melalui social media marketing kita dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan, menyelesaikan pertanyaan dan keluhan, mengumumkan produk dan layanan baru, mendapatkan feedback dan rekomendasi, serta membangun komunitas pelanggan.

Semakin banyak orang bermain media sosial (medsos) tentu saja ini menjadi peluang yang sangat baik bagi para pengusaha atau marketing yang ingin mempromosikan jualan atau pun brand mereka kepada calon konsumen melalui medsos. Seperti yang kita tahu, saat ini sudah ada berbagai macam platform medsos yang bisa digunakan untuk tujuan promosi, contohnya seperti Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, Tik Tok dan lain sebagainya.

Namun, di era digital seperti sekarang tentunya sudah banyak juga yang mengenal dan sudah lebih dulu menggunakan medsos media untuk ajang promosi. Maka dari itu, promosi dengan menggunakan medsos belum tentu akan berjalan sesuai rencana, bahkan dengan adanya persaingan promosi yang kita lakukan tidak berhasil meningkatkan penjualan karena salah bersaing.

Untuk itu, kita harus benar-benar bisa menentukan target market yang ingin kita raih. Seperti contoh target market kita adalah anak muda atau generasi Gen Z, tentu medsos yang digunakan pun harus disesuaikan dan yang paling cocok, dalam hal ini adalah medsos Tik Tok. Namun jika yang ingin Anda raih adalah adalah customer orang dewasa, maka menggunakan platform medsos media Facebook akan lebih baik.

Setelah mengetahui pengertian dan target market dari social media marketing, kini saatnya kita mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan promosi yang sudah  dilakukan dengan membuat konten atau postingan menarik di salah satu medsos yang kita miliki. Akibat dari adanya kompetitor yang juga memakai cara marketing seperti ini, tidak sedikit dari mereka yang menjalankan digital marketing melalui medsos  mendapatkan hasil yang kurang optimal.

Semua itu bisa saja terjadi karena kurangnya tanggapan dari pengguna medsos yang memberikan like atau komentar di konten yang Anda unggah di medsos. Untuk itu, demi mendukung social media marketing seperti meningkatkan engagement rate di medsos lalu menyebarkan brand awareness bisnis yang sedang Anda jalankan, sebagai saran Anda bisa menggunakan jasa komentator dari rajakomen.com.

Jasa komentator ini akan menggiring opini publik dengan berbagai komentar positif tentang status yang Anda bagikan mengenai bisnis atau produk/jasa yang Anda tawarkan. Dengan begitu secara otomatis juga akan meningkatkan ketertarikan calon customer pada produk/jasa yang Anda tawarkan tersebut.

RajaKomen.com dipersembahkan untuk seluruh komentator Indonesia dan pemilik akun medsos yang ingin dikomentari positif oleh netizen yang ada di Indonesia. Media Sosial yang bisa kami bantu menaikkan engagement nya antara lain: Instagram, Youtube, Google Bisnisku/Google My Business/Gmaps, dan Aplikasi Android di Play Store.

Dengan meningkatnya Engagement Rate (ER) di sebuah postingan medsos, akan membuat akun anda menjadi lebih populer. Brand atau produk yang dipromosikan akan lebih mudah dicari karena memiliki ER yang tinggi.