KRL Jogja-Solo Diujicoba Mulai 20 Januari

KBRN, Yogyakarta : PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akhirnya merilis uji coba KRL Yogyakarta-Solo mulai Rabu, 20 Januri ini hingga akhir bulan.

Menurut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Putu Sumarjaya menyebut, uji coba ini baru dilakukan secara terbatas untuk kalangan tertentu, yakni pemerintah, media dan komunitas. Sementara bagi masyarakat umum, bisa mencoba KRL Yogyakarta-Solo ini mulai 1-10 Februari mendatang. Untuk tahap uji coba ini tarif yang disediakan hanya Rp 1 saja, selanjutnya setelah normal Rp8 ribu. .

“Uji coba terbatas mulai tanggal 20 selama sepuluh hari. Setelah itu uji coba terbatas sampai akhirnya operaisonal secara komersil nantinya,” katanya, Selasa (19/1/2021).

Sementara itu Direktur Utama KCI, Wiwiek Widayanti menatakan, sejumlah peraturan harus dipatuhi oleh mereka yang akan memanfaatkan KRL ini nantinya. Termasuk dalam proses pembayaran atau pembelian tiketnya yang menggunakan Kartu Multitrip maupun e-money dari berbagai bank.

“Kemudian tanggal satu Februari masyarakat juga dapat ikut uji coba, tarifnya sama tapi yang pasti harus punya tiket itu tadi, ada KMT, ada kartu-kartu bank, commuter pay, seperti itu,” jelasnya.

Lebih lanjut Wiwiek menjelasnya, uji coba ini dilakukan selain untuk menguji sistem yang sudah berjalan, juga agarpengguna bisa mengetahui bagaimana pelayanan KRL. Rute yang ditempuh oleh KRL ini kurang lebih 60 km, dari Stasiun Yogyakarta sampai ke Solo Balapan dengan waktu tempuh kurang lebih 58 menit. Total ada 11 stasiun yang dilewati, di antarnya Lempuyangan, Maguwo, Prambanan, Srowot, Klaten, Ceper, dan Delanggu. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00