Konsisten Kembangkan Jaringan Data Geospasial, Bupati Sleman Raih Bhumandhala Award

Penerimaan Bhumandala Award oleh Bupati Sleman

KBRN, Sleman : Bupati Sleman kembali meraih Bumandala Award. Penghargaan bidang teknologi tersebut diberikan karena pengembangan simpul jaringan data geospasial di Kabupaten Sleman terus dijalankan dan berprogres sesuai dengan target yang direncanakan dari sisi kebijakan, kelembagaan, standar, SDM maupun teknologi.

Pengembangan tersebut  di antaranya berupa peningkatan jumlah keterlibatan OPD, jumlah dan kualitas data, hingga pemanfaatan data.   Hal ini menunjukan komitmen Pemkab Sleman untuk terus memajukan jaringan geospasial di daerahnya. Salah satu yang paling menonjol dari pengembangan simpul jaringan Sleman adalah pemanfaatan informasi geospasialnya.

Pemanfaatan informasi geospasial di Kabupaten Sleman mencakup pemanfaatan informasi geospasial dalam bidang tata ruang, kependudukan, kebencanaan hingga kesehatan.

Bhumandala Award sebagai ajang penilaian simpul jaringan tingkat nasional kembali memberikan penghargaan kepada Kabupaten Sleman sebagai peraih Bhumandala Kanaka (Medali Emas) dan Bhumandala Kencana (Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik) untuk katagori kabupaten.

Kabupaten Sleman berhasil mempertahankan gelar Bhumandala Kanaka dan Bhumandala Kencana yang telah berhasil diraih pada tahun 2018 silam. Bupati Sleman pun diundang oleh Badan Informasi Geospasial untuk menerima Penghargaan Bhumandala Tahun 2020 yang diselenggarakan pada 27 November di Jakarta dan berbicara di hadapan para penerima penghargaan bhumandala selama 4 menit.

Dalam acara talkshow Bhumadala Award 2020, Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Sleman akan terus mengembangan simpul jaringan di wilayahnya.

"Kami akan terus berkomitmen dalam mengembangakan simpul jaringan kami dengan kerjasama antar OPD sebagai satu kesatuan di Kabupaten Sleman," ujarnya, Minggu (27/11/2020).

Ketua Juri Bhumandala Award 2020, Heru Sutanto mengatakan bahwa simpul jaringan Kabupaten Sleman memiliki banyak kelebihan yang menjadikan dasar atas prestasinya dalam meraih Bhumandala Kanaka dan Bhumandala Kencana.

"Simpul jaringan Kabupaten Sleman merupakan simpul jaringan yang aktif dan pemanfaatan datanya telah digunakan untuk berbagai keperluan pada berbagai kegiatan di Kabupaten Sleman,” jelas Heru.

Penghargaan ini sangat membanggakan karena Sleman dapat mempertahankan gelar juara yang pernah diraih pada tahun 2018 dan juga penghargaan ini diraih saat masa pandemi Covid-19. (koes/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00