UGM dan BPCB DIY Kerjasama Teliti Candi Prambanan

KBRN, Sleman : Program Studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar, Sekolah Vokasi UGM, bekerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY menggelar penelitian di Candi Prambanan, pada Senin (31/8/2020).

Penelitian tersebut berjudul Monitoring dan Modeling 3 Dimensi Candi Prambanan menggunaan Drone Lidar dan Trestrial Laser Scanner. Menurut Ketua Peneliti, Ir. Rochmad Muryamto, pihaknya melakukan penelitian ini untuk membantu pihak BPCB dalam melestarikan bangunan cagar budaya. Utamanya candi Prambanan yang berada di dekat wilayah sesar Opak yang aktif.

Dimana pada gempa Jogja 2006 lalu bangunan candi ini banyak terdampak. Sehingga untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya melakukan penelitian ini.

“Kan itu candi Prambanan ada di dekat sesar Opak, sesar aktif yang dulu waktu gempa 2006 itu sempat membuat bangunan candinya rusak juga,” paparnya.

Lebih lanjut Rochmad mengatakan, nantinya dari penelitian ini pihaknya bisa membuat model tiga dimensi candi Prambanan secara detil. Karena pemetaan dilakukan secara berkala sehingga bisa diketahui pula pergeseran yang terjadi di candi tersebut.

Selain itu relief-relief candi dan empat ruangan yang ada juga akan digambarkan secara detil. Hasil dari penelitian ini menurut Rochmad akan disampaikan kepada BPCB DIY untuk bisa dimanfaatkan di kemudian hari. (dev/ryt/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00