Tim Reactics Chem-E-Car UGM Juara 1 IEM Chem-E-Car 2022

Tim Reactics Chem-E-Car UGM

KBRN, Sleman : Reactics Chem-E-Car UGM kembali meraih prestasi dalam kancah internasional. Bertempat di Kuala Lumpur Convention Centre Reactics Janaka berhasil keluar sebagai peraih juara 1 pada perlombaan IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022 yang diselenggarakan secara luring pada Selasa, (09/08). IEM Chem-E-Car presentation competition 2022 merupakan perlombaan yang diadakan oleh Institution of Engineers Malaysia dan universitas yang menjadi tuan rumah pada tahun ini adalah UCSI University.

Captain Tim Reactics Janaka, Yehezkiel Marco Natanael, mengatakan peserta yang berkompetisi pada perlombaan ini cukup bervariasi dari beberapa negara, seperti Malaysia hingga Australia. Diantara peserta berasal dari Institut Teknologi September, Monash University,  University of Nottingham Malaysia, University of Malaya, hingga Taylor’s University.

“Tahun ini, Universitas Gadjah Mada mengirim tim yang mewakili Indonesia berasal dari Reactics Chem-E- Car UGM, yaitu tim Reactics Janaka. Tim Reactics Janaka membuat rancangan mobil dan dipresentasikan pada tahap final,” ujar Marco pada Senin, (15/08).

Marco menyampaikan bahwa pada perlombaan ini, Tim Reactics Chem-E-Car UGM melalui beberapa tahapan untuk menjadi juara. Tahapan pertama, yaitu preliminary. Pada tahap ini, peserta menyuguhkan poster yang menjelaskan tentang konsep dasar bagaimana mobil dapat bergerak, reaksi yang digunakan pada mobil, hingga fitur-fitur yang dimiliki mobil. Lalu, poster dikumpulkan dengan didukung oleh data teknikal pendukung. Setelah melalui seleksi tahap pertama, Tim Reactics Janaka terpilih menjadi 10 besar finalis dan berangkat ke Malaysia untuk melakukan presentasi di depan konferensi 19th APCChE (Asian Pacific Confederation of Chemical Engineering).

Tim Reactics Janaka UGM kemudian melakukan presentasi dengan memaparkan poster yang telah dipersiapkan. Tim ini sukses menekankan tiga aspek unggulan, yaitu environment, safety, dan design effectiveness. Hal yang sangat menarik perhatian juri menurut Marco adalah strategi yang digunakan mobil tim Reactics Janaka dalam melalui challenge perlombaan yang dipaparkan dengan sangat baik.

Marco menuturkan bahwa semangat serta jerih payah yang dituangkan tim Reactics Janaka terbayarkan dengan hasil akhir yang diperoleh.

“Kemenangan ini dapat diperoleh dengan bantuan dan dukungan dari seluruh tim Reactics Chem-E-Car UGM dan semua pihak yang terlibat. Terima kasih juga kepada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., dan PT Kaltim Methanol Industri sebagai sponsor kami atas dukungan yang telah diberikan,” tuturnya.

Dengan kemenangan ini, Reactics Chem-E-Car UGM beraharap agar dapat terus semangat dalam lomba-lomba kedepannya untuk membanggakan almamater dan bangsa. (ril/dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar