E-Simantul, Aplikasi Mendukung Transparansi dari Polres Bantul

KBRN, Bantul : Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM), Polres Bantul meluncurkan aplikasi khusus e-Simantul. Di saat yang sama juga diresmikan gedung Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) yang baru di kompleks Mapolres Bantul.

Kapolda DIY, Irjen Pol. Asep Suhendar dalam kesempatan tersebut mengapresiasi Polres Bantul yang telah membuat berbagai fasilitas untuk masyarakat. Ia pun berharap masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik fasilitas yang ada baik aplikasi maupun gedung pelayanan yang baru. Karena sistem yang ada menurutnya sudah tertata dengan baik dan bisa membantu pelayanan aparat menjadi lebih transparan dan maksimal.

“Diharapkan tidak ada lagi permainan-permainan dalam membuat SIM, sehingga nanti masyarakat terlayani, biaya juga sesuai dengan yang dibutuhkan. Karena saya lihat tertulis di situ SIM ini berapa rupiah ini berapa rupiah. Ini satu langkah yang baik untuk kita berikan pelayanan yang lebih baik ke masyarakat,” ujarnya di sela-sela peresmian pada Kamis (27/1/2022).

Dengan aplikasi dan sistem yang baru ini juga diharapkan Kapolda bisa mengantisipasi kerumunan. Mengingat lahan dan ruangan yang ada terbatas, sementara masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan SIM tentu cukup banyak.

“Dengan kita mendaftar melalui website dan aplikasi akan terdata hari ini berapa dan jam 9-10 berapa orang, 10-11 berapa. Nah, masyarakat semua kalau mau dapat pelayanan SIM itu daftar melalui aplikasi atau website jadi kita tinggal siapkan,” lanjutnya.

Sementara untuk pembangunan gedung total menurutnya memakan anggaran senilai Rp 21 miliar. Jumlah tersebut termasuk untuk berbagai peralatan yang digunakan di dalam gedung tersebut. (dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar