"YK TV" Hadirkan Pengembangan, Pembangunan, serta Problematika Kota Yogyakarta

KBRN, Yogyakarta : Semakin mendekatkan pemerintah dengan masyarakat dari berbagai sisi dalam wadah digitalisasi, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Yogyakarta menghadirkan media digital "YK TV" yang di soft launching Wakil Walikota, Heroe Poerwadi di Kantor Diskominfo Persandian,Jumat (21/1/2022).

Heroe Poerwadi mengatakan, YK TV memiliki fungsi utama dalam menyampaikan informasi seperti pengembangan maupun pembangunan kota Yogyakarta dari pemerintah ke masyarakat.

"Artinya segala hal yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengembangkan dan membangun kota Yogyakarta harus sampai juga ke masyarakat," kata Heroe, disela meninjau ruang siniar YK TV.

Melalui YK TV, Heroe juga berharap dapat semakin meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat sekaligus mengetahui setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

"Agar Pemkot bisa tau problem dan kendala yang riil yang terjadi dan dihadapi masyarakat, sehingga kita harus bisa merekam kehidupan masyarakat untuk bisa mengetahui apa yang bisa dihadapi masyarakat untuk kemudian menjadi masukan bagi pemerintah Kota," tambahnya.

Heroe menyebutkan, meski sebagai bagian dari Pemkot namun YK TV difokuskan berfungsi untuk melayani masyarakat terutama yang menjadi kebutuhan masyarakat.

"Apa yang menjadi kebutuhan, apa yang menjadi problem masyarakat harus dimunculkan. Tetapi sekaligus harus menampilkan apa yang kemudian direspon untuk menyelesaikan masalah itu dari pemerintah," jelasnya.

Heroe Poerwadi berpesan, suksesnya suatu program diawali dari suksesnya suatu komunikasi yang terbentuk, sehingga program yang baik tidak dapat terlaksana secara baik jika komunikasi tidak tersampaikan dengan baik.

"Karena itu Diskominfo, YK TV, dan Pemkot harus mengutamakan program komunikasi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfosan, Ignatius Trihastono mengatakan, YK TV merupakan media digital kanal YouTube yang akan menjadi pelengkap dengan mengembangkan strategi komunikasi melalui kanal digital informasi yang berkembang saat ini.

"Kita sudah banyak dibantu teman-teman media, kita sudah mengoptimalkan fasilitas-fasilitas komunikasi berbasis radio, televisi. Saatnya sekarang kita lebih serius menggarap kanal telekomunikasi dengan platform digital," terangnya.

Menurutnya, YK TV merupakan suatu konten kemasan informasi yang nantinya akan menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat.

"Sehingga pada bidang IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) harus banyak perhatian dan program, sehingga bisa kemudian memformat secara imbang untuk diberikan, disampaikan kepada publik melalui berbagai kanal tadi," jelasnya.

Diskominfosan ditambahkan Trihastono, memunculkan YK TV untuk mencapai atau menjangkau segmen yang lebih luas menggunakan platfom baru, sehingga tidak akan mengurangi kanal yang lain atau peran yang lain.

Triharstono menjelaskan, media digital YK TV berbeda dengan kanal YouTube yang dimiliki Pemkot Yogyakarta.

"Tentunya berbeda kalau kanal informasi yang lebih news. Anak-anak muda mengatakan bisa dikemas lebih pop karena memang orientasinya pada penyampaian informasi seluas-luasnya. Tapi kalau kanal Pemerintah Kota tentunya juga harus masih mempertimbangkan, bahwa kanal tersebut merupakan seratus persen personifikasi dari Pemerintah Kota Yogyakarta sehingga selalu akan mendudukan diri dari kacamata Pemerintah Kota Yogyakarta," pungkasnya.

Sementara, YKTV memiliki berbagai macam kanal media seperti Jejaring TV pada 14 Kemantren dan Puskesmas di Yogyakarta, Integrasi dengan JSS yang saat ini masih dalam pengembangan, dan dipancarkan melalui situs YouTube.

Sedangkan beberapa program unggulannya seperti:

Sekilas YK, yang merupakan program harian YKTV yang menampilkan berita-berita terkini Kota Yogyakarta.

Warta YK, yang menyajikan informasi, data, dan fakta yang ada di lapangan. Warta YK adalah versi video dari liputan Warta Jogja Kota yang tidak lagi hanya tersaji dalam bentuk tulisan tetapi  juga memberikan Anda gambaran visual mengenai berita terkini dari Kota Yogyakarta.

Obrolan YK, ditampilkan dalam bentuk podcast audio visual, yang mengupas mengenai implementasi layanan yang dirasakan masyarakat Kota Yogyakarta.

Bincang Warga YK, sebagai wadah diskusi dan penyampaian aspirasi masyarakat serta bentuk dukungan Pemerintah Kota Yogyakarta atas prestasi warganya, dan.

Data Covid Harian, sebagai bentuk peran pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar