Dinas Perhubungan Kulon Progo Terapkan Digitalisasi Layanan KIR

KBRN, Kulon Progo : Dinas Perhubungan Kulon Progo berupaya meningkatkan pelayanan pada publik dengan menerapkan Digitalisasi Pelayanan Kendaraan Bermotor Uji Kendaraan Bermotor.

Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo, Lucius Bowo Pristiyanto mengatakan, pemberlakuan digitalisasi tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan publik serta menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

"Esensinya untuk mempercepat layanan, mendukung clean government tentang keamanan data, transparansi dan akuntabel," ungkap Bowo, Selasa (18/1/2022).

Melalui sistem tersebut, teknis pengujian dilakukan secara digital. 

"Nantinya pemilik kendaraan mendapat Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUE) sebagai bukti lulus uji. Bentuknya berupa kartu berchip yang merupakan produk digitalisasi dari buku KIR," ujar Bowo.

Pemilik kendaraan, ungkap Bowo, juga mendapatkan QR code yang dapat dipindai melalui perangkat seluler. Data teknis hasil pengujian, secara otomatis juga akan terintegrasi secara nasional dan mengurangi potensi pemalsuan buku uji kendaraan bermotor. QR code tersebut, kemudian akan ditempelkan di kendaraan untuk memudahkan pendataan.

"Selain KIR digital, kami juga melengkapi dengan proses pembayaran digital," imbuh Bowo.(hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar