ITDRI Festival Virtual Event Dukung Pengembangan Digital talent Indonesia

Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi

KBRN, Jakarta : Sebagai wadah pengembangan digital talent berbasis inovasi dan riset, Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) menggelar ITDRI Festival menampilkan karya dari Digital talent Telkom dalam lingkup learning, innovation, and research yang dikemas menjadi virtual expo dan webinar.

Selain itu, ITDRI Festival juga menjadi ajang untuk meningkatkan semangat untuk berkarya, berkolaborasi, serta resolusi untuk dapat terus mengembangkan digital talent demi mencapai kemandirian teknologi indonesia.

ITDRI Festival terdiri dari beberapa rangkaian acara, mulai dari Indonesia Digital Innovation Showcase (IDIS), ITDRI Digital Conference 2021, hingga launching Digital Capability Center. Dalam sambutannya, Direktur Human Capital Management Telkom, Afriwandi mengatakan, bahwa ITDRI berperan dalam mendorong pengembangan kemampuan talent yang saat ini terdapat calon digital talent sekitar 25.000 talenta dari 12 klaster BUMN.

Calon digital talent ini ditambahkan Afriwandi, mempelajari digital mindset behavior dan intrapreneurship sebagai bekal untuk menciptakan serta memvalidasi berbagai ide-ide menjadi sebuah inovasi yang memiliki dampak besar ke depannya.

Demi mendukung kesiapan teknologi, ITDRI telah melakukan berbagai riset di mana saat ini terdapat sekitar 15 riset paper yang applicable untuk diimplementasikan bersama partner BUMN dan beberapa universitas Indonesia.

ITDRI juga sedang membangun sebuah digital lab sebagai wadah para digital talent untuk melakukan eksperimen pada riset dan inovasi. Menurutnya, ITDRI membentuk innovation management by Amoeba atau yang lebih dikenal dengan BIMA untuk para innovator di 13 klaster BUMN. Dari puluhan inovasi yang telah diciptakan oleh para innovator tersebut, terdapat dua inovasi unggulan yang berhasil melawati berbagai tahapan innovation journey dan product assessment yaitu BigBox dan OCA.

"Kami ingin mendorong dua inovasi tersebut menjadi revenue stream baru bagi Telkom dan juga memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia secara luas. Melalui momen special ITDRI Festival 2021 ini, juga dilakukan prosesi grand launching untuk BigBox dan OCA oleh Deputy SDM TI KBUMN, Tedi Baratha pada 24 November 2021. Saya mengajak rekan-rekan TelkomGroup untuk selalu meningkatkan kolaborasi dan saling bersinergi baik di internal maupun dengan sesama BUMN di berbagai klaster agar inovasi-inovasi yang saat ini diinkubasi dapat mengikuti jejak keberhasilan BigBox dan OCA untuk menjadi produk portofolio Telkom Indonesia di masa mendatang,” ujar Afriwandi dalam keterangan resminya, Sabtu (27/11/2021). 

Sementara itu, SGM Telkom CorpU & Chairman of ITDRI, Jemy V. Confido yang turut hadir dalam grand opening ITDRI Festival tersebut menyampaikan, pada ITDRI Festival ini, pihaknya ingin memperlihatkan hasil karya di bidang learning, innovation, and research secara virtual digital.

"Tentunya karya-karya tersebut dapat memberikan kemanfaatan dalam menghadapi berbagai pain problems yang baik di lingkungan internal TelkomGroup dan rekan-rekan kita di cross cluster BUMN sehingga pada gilirannya dapat mencapai kemandirian teknologi Indonesia," ujarnya. 

Keseluruhan rangkaian ITDRI Festival digelar melalui Smarteye Virtual Convention Center (SVCC) yang juga didukung oleh Studio VLIC Telkom CorpU, keduanya merupakan karya dari Digital talent Telkom. SVCC menyuguhkan virtual expo di ITDRI festival dengan konsep video 360 agar memberikan experience yang baru dan berbeda bagi audiences-nya.

Selanjutnya pada minggu kedua Desember akan digelar ITDRI Digital Conference 2021 untuk mengaktualisasi digital hub di mana komunitas dapat meningkatkan exposure melalui penguatan lingkup learning, innovation, and research. Dengan digelarnya seluruh rangkaian ITDRI Festival, besar harapan akan menjadi resolusi bagi ITDRI untuk terus mendukung pengembangan digital talent demi mencapai kemandirian teknologi Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar