Sandiaga Uno Apresiasi Aplikasi Ai Mbak Dewi, Hasil Kolaborasi Abdimas UAJY dan UKRIM

KBRN, Yogyakarta : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno melakukan kunjungan ke Desa Wisata Tinalah, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo pada Senin (11/10/2021).

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka penilaian 50 besar Desa Wisata ‘Indonesia Bangkit’ Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Desa Wisata Tinalah masuk dalam daftar 50 besar Desa Wisata ‘Indonesia Bangkit’ ADWI 2021.

Dalam acara ini, Menteri Sandiaga Uno juga meresmikan aplikasi Mbak Dewi. Sandiaga Uno menyambut baik dan mengapresiasi aplikasi Mbak Dewi.

“Wah, ini aplikasi Mbak Dewi aplikasi yang berbasis AI ya? Bagus, ini saya sudah dengar tentang ini. Saya resmikan dengan tanda tangan. Selamat dan sukses buat Dewi Tinalah,” tegas Sandiaga Uno.

Aplikasi Mbak Dewi ini merupakan produk kolaborasi pengurus Desa Wisata Tinalah dengan Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dengan Universitas Kristen Immanuel (UKRIM).

Tim ini diketuai oleh Dr. Desideria Cempaka Wijaya Murti, MA sebagai ahli di Bidang Komunikasi Pariwisata UAJY. Anggota terdiri dari Dr. Victoria Sundari Handoko, M.Si ahli di Bidang Sosiologi Pariwisata UAJY dan Antonius Bima Murti Wijaya, MT ahli di bidang IT UKRIM.

Digitalisasi desa wisata menjadi salah satu terobosan yang mampu membangkitkan pariwisata yang terpuruk selama pandemi COVID-19, sekaligus mendukung upaya pariwisata berkelanjutan. Melihat peluang tersebut, tim abdimas UAJY dengan UKRIM ini mengembangkan digitalisasi kelas alam dengan teknologi kecerdasan buatan di Desa Wisata Tinalah.

 “Keterlibatan Perguruan Tinggi dalam hal ini UAJY dan UKRIM untuk bekerjasama dengan Desa Wisata (Dewi) khususnya di Dewi Tinalah dalam pengembangan kelas alam berbasis digital diperlukan untuk pengembangan wisata pada saat pandemi COVID-19,” ujar Victoria Sundari Handoko selaku anggota Tim Abdimas UAJY.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00