FOKUS: #VAKSIN COVID-19

DIY Minta Perbaikan Aplikasi Pedulilindungi

KBRN, Yogyakarta : Aplikasi pedulilindungi telah menjadi salah satu syarat aktivitas di sejumlah ruang publik.

Pemda DIY meminta agar pemerintah pusat dapat membantu mengatasi beberapa hal terkait penggunaan aplikasi pedulilindungi.

Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X mengatakan beberapa hal yang menjadi persoalan adalah jaminan keamanan data pengguna aplikasi baik berupa email ataupun NIK.

“Mohon kiranya untuk dijaga bersama agar data tersebut aman,” kata Paku Alam X, pada Rakor Evaluasi PPKM Jawa-Bali secara daring, Rabu (1/9/2021).

Paku Alam juga berharap agar kecepatan penggunaan aplikasi pedulilindungi dapat ditingkatkan, utamanya di ruang-ruang publik.

“Saya mohon respon penggunaan aplikasi khususnya di tempat-tempat publik dapat ditingkatkan, agar tidak terjadi lemot,” tambahnya.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X juga menyampaikan akan siap mengikuti arahan dari pusat terkait dengan penanganan Covid-19 di DIY khususnya dalam penggunaan aplikasi pedulilindungi. 

Selain itu, Paku Alam X juga meminta perhatian pusat agar daerah segera dapat meningkatkan akses integrasi ke sistem New All Record (NAR) pemerintah pusat.

“Daerah mohon diberikan izin untuk dapat melakukan akses integrasi dengan NAR,” ungkapnya.

Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Tri Saktiyana mengatakan Pemda DIY turut memberikan masukan kepada pusat untuk meningkatkan kualitas kecepatan aplikasi.

“Masih ada jeda yang cukup lama, jadi harapannya dapat segera ditangani Kementerian Kominfo RI,” ujarnya.

Penyelesaian rentang jeda ini harus segera dilakukan mengingat pedulilindungi juga digunakan saat masyarakat masuk ke pusat perbelanjaan seperti mall di DIY.

“Setelah dicoba memang agak lama responnya, kan responnya macam-macam ada hijau, merah, kuning, dan sekarang ada hitam yang terbaru. Ya mungkin memang karena yang mengakses tentu banyak sekali, namun harus segera dicari solusi,” tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00