Telkom Unjuk Layanan Digital Ecosystem kepada Dunia Melalui Hannover Messe 2021

KBRN, Jakarta : PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Telkom turut berpartisipasi pada pameran teknologi industri terbesar di dunia, Hannover Messe 2021.

Sejalan dengan fokus perusahaan yang tengah bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital dengan fokus pada tiga domain bisnis digital, Telkom memboyong beberapa solusi digital meliputi digital connectivity, digital platform, dan digital service untuk ditampilkan pada pameran yang digelar secara virtual pada 12-16 April 2021.

Hannover Messe merupakan pameran terbesar di dunia yang mencakup seluruh pemain teknologi industri, dan telah berlangsung sejak 74 tahun lalu, namun pandemi Covid-19 membuat pameran diselenggarakan secara virtual. Hal ini tentunya tidak menjadi halangan ataupun mengurangi antusiasme para pemain teknologi industri untuk turut serta pada pameran internasional ini, termasuk Telkom.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, keikutsertaan Telkom dalam Hannover Messe merupakan upaya untuk memperkenalkan Telkom sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia yang bergerak di sektor telekomunikasi dengan beragam portofolio produk unggulan, terutama produk digital yang tengah digaungkan.

“Suatu kebanggaan tersendiri bagi Telkom dapat berpartisipasi dalam kegiatan pameran internasional ini. Dalam kegiatan ini, kami memperkenalkan berbagai inovasi produk dan layanan berupa teknologi digital yang sejalan dengan revolusi industri 4.0,” ujar Ririek di Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Hannover Messe memfokuskan pada beragam isu terkini dalam teknologi dan solusi industri manufaktur, termasuk penerapan teknologi pada revolusi industri 4.0, Pameran ini mengambil tema 'Industrial Transformation', dan paviliun indonesia sebagai partner country melengkapinya dengan tema 'Making Indonesia 4.0' serta didukung dengan tagline 'Connect to Accelerate'.

Dengan tema ini dapat ditunjukkan kepada dunia, bahwa Telkom telah memiliki solusi untuk Indonesia mengimplementasikan strategi dan peta jalan untuk bersama revolusi industri ke-4 .

“Kehadiran Telkom pada pameran ini mempertegas dukungan Telkom dan BUMN terhadap transformasi industri 4.0 dengan mempercepat agenda transformasi digital di Indonesia,” tambahnya.

Ada beberapa produk unggulan yang ditampilkan Telkom, seperti layanan fixed broadband IndiHome, platform big data BigBox, solusi layanan IoT, layanan satelit Telkomsat dan solusi digital bagi berbagai ekosistem, mulai dari Wonderin untuk ekosistem pariwisata hingga Pasar Digital (PaDi) UMKM sebagai platform aplikasi aggregator e-commerce bagi UMKM.

Menurutnya, industri saat ini menghadapi berbagai tantangan, tidak hanya disrupsi karena perkembangan teknologi namun diakibatkan juga karena pandemi Covid-19.Kondisi ini ditambahkannya, memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat dan beragam sektor industri.

"Pola hidup dan kebutuhan masyarakat berubah. Pembatasan aktivitas fisik mengakibatkan adopsi digital masyarakat meningkat lebih cepat," terangnya.

Ia mengungkapkan, Pandemi Covid-19 telah mengakselerasi transformasi digital dalam berbagai aspek kehidupan.

Pihaknya meyakini bahwa digitalisasi di satu sisi telah mendisrupsi berbagai bidang dan sektor usaha, namun di sisi lain, digitalisasi juga memberikan peluang yang sangat besar bagi bangsa ini untuk dapat meningkatkan daya saing secara cepat dan efisien. Sehingga pada akhirnya, Indonesia akan dapat melompat atau leapfrog untuk sejajar dengan negara maju dunia lainnya dalam waktu singkat.

“Melalui pameran ini, Telkom ini memperlihatkan kesiapan dan komitmen kami untuk mengakselerasi terwujudnya digitalisasi Indonesia. Kami meyakini dengan adanya digital dapat memberikan banyak manfaat serta menjadikan Indonesia lebih baik dan sejajar dengan negara maju lainnya,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00