Enam Anggota DPRD Kulon Progo Terkonfirmasi Positif Covid-19

Ketua DPRD Kulon Progo

KBRN, Kulon Progo : Jumlah anggota DPRD Kulon Progo yang terkonfirmasi positif covid-19 ada 6 orang. Sebagai pencegahan agar tidak menyebar dan memberi ketenangan pada masyarakat, maka seluruh anggota dewan itu, menjalani swab test di Rumah Sakit Hardjolukito. 

Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati mengatakan, pada Minggu (20/12) pukul 18.00 WIB, tercatat ada enam anggota DPRD Kulon Progo yang terkonfirmasi COVID-19. Dengan adanya fakta ini, kemudian segera ditindaklanjuti dengan mengadakan rapat koordinasi dengan pimpinan fraksi secara virtual pada malam harinya, untuk mengambil langkah-langkah strategis.

"Di rapat tersebut, dihimbau secara tegas, bisa dikatakan setengah wajib, agar seluruh anggota DPRD Kulon Progo menjalani swab test mandiri. Kecuali yang sudah terkonfirmasi positif," ucap Akhid di DPRD Kulon Progo, Senin (21/12/2020).

Akhid menjelaskan, swab test tersebut untuk memastikan anggota DPRD Kulon Progo apakah terkonfirmasi positif atau tidak. Sementara, Rumah Sakit Hardjolukito dipilih menjadi lokasi Swab tes, karena hanya dalam waktu delapan jam hasilnya sudah bisa diketahui. 

Dia menambahkan, pada senin (21/12) aktivitas di kantor DPRD Kulon Progo sudah pulih dan berjalan biasa. Meski ada anggota DPRD Kulon Progo yang terkonfirmasi positif, namun kondisi ini tetap tidak menggangu target kinerja DPRD Kulon Progo. 

"Kinerja DPRD harus tercapai, jadi harus dipastikan kondisi anggota dewan. Agenda hari iki rapat kerja dengan OPD membahas finalisasi Raperda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," ungkap Akhid.

Ia mengharapkan partisipasi masyarakat untuk melaporkan segera, jika merasa melakukan kontak erat dengan anggota DPRD Kulon Progo yang terkonfirmasi COVID-19. Rapid test segera dilakukan supaya tidak meluas.

Sedangkan, Wakil Ketua I DPRD Kulon Progo Ponimin Budi Hartono, mengaku sudah melakukan tes swab dengan hasil negatif. Hal ini salah satunya bertujuan untuk memberi ketenangan pada masyarakat. 

Kami melakukan tes swab untuk memastikan kondisi kesehatan, agar saat saat bertemu dengan konstituen, tidak muncul kekhawatiran," katanya.

Sedangkan, Juru Bicara Gugus Tugas penanganan covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan, dari dua kasus sebelumnya, hasil tracing ditemukan ada 4 kasus konfirmasi anggota DPRD lain dan 1 dari anggota keluarga. Total ada 6 DPRD Kulon Progo dan 1 anggota keluarga yang terkonfirmasi positif.

"Anggota lain beberapa sudah swab mandiri dengan hasil negatif. Besok pagi juga akan dilakukan swab pada kontak erat yang belum swab mandiri," ujarnya. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00