New Normal DIY, Paling Cepat Mulai Juli

Sekda DIY Kadarmanto Baskoro Aji

KBRN, Yogyakarta : Pemda DIY memastikan belum akan melaksanakan new normal dalam waktu dekat ini. Sekda DIY Kadarmanto Baskoro Aji usai rapat Forkompinda di Kepatihan Yogyakarta Rabu siang (27/5/2020) kemarin mengatakan, melihat kondisi yang ada new normal di DIY paling cepat dilaksanakan mulai bulan Juli.

Menurutnya, wacana pemerintah pusat membuat percontohan new normal di 3 provinsi yakni, DIY, Bali, Kepri, tidak bisa begitu saja dilaksanakan.

Dijelaskannya, masih ada sejumlah daerah yang belum tuntas, dan bukan tidak mungkin warganya masuk ke DIY ketika new normal diberlakukan.

Aji menyebut new normal tidak mungkin hanya dilakukan sendiri suatu daerah, sementara yang lain belum melaksanakannya.

"Kalau Pemerintah Pusat sudah mewacanakan DIY, Bali, Kepri lalu kalau pariwisata kita buka pengunjung dari Jateng atau dari DKI apa tidak ada masalah. Tentu nanti kita tetap lakukan pembatasan daerah masuk ada protokol ketat. Pake surat keterangan bebas covid diukur suhu badannya dan seterusnya jadi tidak mungkin yang namanya new normal hanya dilakukan sendiri sementara yang lain belum.Tapi kalau intern kita bisa. Penularan dibatasi keputusan new normal belum kita lakukan evaluasi," katanya.

Baskoro Aji menegaskan, Pemda DIY terus berupaya serius agar tidak ada lagi kasus baru positif COVID-19 di DIY.

Selain itu kedisiplinan masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 juga sangat menentukan kapan new normal diberlakukan.

"Kita pantau terus menerus kita lihat kasus konfirmasi positif seperti apa? Masih ada indikator lain, new normal paling cepat Juli, sedang tanggap darurat Juni. New normal serius supaya tidak ada terkonfirmasi positif. Juni disiplin, Juli bisa new normal. Siapkan hand sanitizer di saku melaksanakan hal-hal yang kira-kira memang harus dihindari misal berkerumun, usahakan tangan kalau di mall tidak banyak pegang rellay eskalator," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY kini tengah menyusun protap new normal. Kulon Progo akan mengikuti kebijakan Pemda DIY itu.

"Persiapan new normal ini gugus tugas menyusun protap untuk nanti ketika memberlakukan new normal itu. Akan ada pembahasan khusus menyusun protap menghadapi new normal itu. Rapat hari ini new normal, tapi masih akan ada pembahasan new normal kami menyesuaikan kebijakan yang ditetapkan DIY," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sleman Sri Purnomo mengaku akan segera berkoordinasi dengan lintas sektor termasuk pelaku usaha sektor jasa wisata, hotel restoran untuk mempersiapkan diri menghadapi pemberlakuan new normal. (wur/joel/mrt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00