Layanan Pertanahan di Kabupaten Bantul Terapkan Inovasi

KBRN, Yogyakarta : Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Surya Tjandra, merespon positif atas munculnya inovasi, lewat program BPN Mitra Desa di Kabupaten Bantul.

”Ini tidak cuma pertama d Jogja, tetapi di Indonesia, karena selama ini belum ada,” katanya dalam acara Launching Program BPN Mitra Desa, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul, Rabu (4/12/2019).

Surya juga menyebut, inovasi dalam program ini terletak pada pemanfaatan layanan aplikasi di ponsel pintar, untuk menerapkan transparansi layanan bidang pertanahan kepada masyarakat.

”Pointnya adalah, ini kan kita memanfaatkan teknologi informasi, masyarakat bisa menggunakannya, untuk membantu masyarakat sendiri dan tentunya kita sehingga punya banyak data,” lanjut dia.

Aplikasi ponsel pintar yang mendukung realisasi program BPN Mitra Desa, salah satunya adalah aplikasi sentuh tanahku, sebagai bentuk transformasi digital di sektor layanan pertanahan.

”Di situ nanti ada transparansi biaya pelayanan bidang pertanahan, waktu pelayanan serta informasi lainnya,” ungkap Kepala BPN Daerah Istimewa Yogyakarta Tri Wibisono, dalam acara launching.

Penekanan tombol secara bersama-sama oleh para pejabat yang datang, salah satunya Bupati Bantul Suharsono, menandai launching BPN Mitra Desa. Ia berharap, program inovasi yang memanfaatkan aplikasi di ponsel pintar ini, bisa memudahkan masyarakat saat mengakses layanan pertanahan. (ws/yyw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00