Ratusan Anggota TNI Kodim Klaten Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Merapi

KBRN, Klaten : Ratusan personil TNI, BPBD, Tim Sar dan sejumlah relawan melakukan simulasi Penanggulangan Bencana  Erupsi Gunung Merapi di Desa Kebondalem Lor Kecamatan Prambanan dan di Desa Balerantai Kecamatan Kemalang Klaten.

Kasi Ops Korem 074 Warastratama Surakarta, Letkol Ifantri Hari Sandra usai penutupan  simulasi di lapangan Desa Kebondalem Lor Prambanan kepada wartawan mengatakan, simulasi Penanggulangan Bencana  Erupsi Gunung Merapi melibatkan ratusan personil TNI Kodim O723 Klaten, BPBD, Tim SAR, dan sejumlah relawan.

“Mereka melakukan simulasi kebencanaan seperti evakuasi warga  yang sedang sakit,Lansia, Balita serta evakuasi ternak dan lainnya,” kata Letkol Hari Sandra, Jumat  (29/11/2019).

Menurutnya, kegiatan tersebut  digelar oleh Korem 074 Warastratama Surakarta mulai 25 hingga 29 Nopember, dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan Kodim di jajaran Korem 074 dalam prosedur mekanisme komandan-staf untuk menyusun  rencana operasi penanggulangan bencana alam.

Lebih lanjut, Letkol Ifantri Hari Sandra mengatakan, satuan Kodim 0723 Klaten siap  untuk membantu Pemerintah Daerah dalam menaggulangi bencana alam erupsi Gunung Merapi.

“Dengan dilakukannya simulasi ini, antara TNI, relawan, dan tim kemanusiaan bisa sinergi dengan pemerintah, dan pelaksaan simulasi kebencanaan selama lima hari ini seluruhnya berjalan aman, tertib dan lancar,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Klaten, Yuana Haris menyampaikan apresiasi  atas kegiatan simulasi kebencanaan yang di lakukan TNI Kodim Klaten maupun unsur lainnya.

“Kami berterimakasih untuk membantu kepada Pemerintah Kabupaten Klaten dalam rangka penanggulangan bencana erupsi Gunung Merapi, karena jika sewaktu waktu terjadi erupsi dapat memberikan  dukungan bantuan sumberdaya kepada Pemerintah Kabupaten Klaten,” jelasnya.  (yon/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00