PPKM Level 3 Dibatalkan, Polisi Mulai Bangun Pos Pengamanan Hingga Tugas Berat PHRI Disiplinkan Prokes

KBRN, Gunungkidul: Pemerintah resmi mengeluarkan keputusan untuk membatalkan PPKM Level 3 pada Natal dan Tahun Baru 2022. Artinya, sejumlah aturan aturan pun sedikit dilonggarkan.

Terkait hal itu, Kabagops Polres Gunungkidul, Kompol Sunarto menyatakan, pihak kepolisian mulai Rabu (8/12/2021) ini sudah mulai membangun pos pengamanan di Hargodumilah, Patuk.

Kendati begitu, ia mengatakan, jajaran kepolisian bersama Pemerintah Daerah baru akan menggelar rapat koordinasi persiapan Natal dan Tahun Baru 2022 pada Senin 13 Desember mendatang. Tentu sembari dengan menunggu instruksi menteri terkait dengan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2022 di tengah pandemi.

"Kalau persiapan sekarang ya sama seperti tahun sebelumnya, untuk spesifiknya masih menunggu instruksi menteri," kata Sunarto.

Sunarto menambahkan, selain di Hargodumilah, pihakhya juga akan membangun pos pengamanan di lokasi lainnya seperti Rest Area Bunder, Siyono, Semin, dan sekitar pantai.

Berkaitan dengan personil kepolisian, ia mengatakan, jajarannya sudah sepenuhnya siap menyongsong pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022.

"Kami imbau masyarakat yang hendak mendatangi Gunungkidul vaksin dulu dan siapkan untuk aplikasi PeduliLindungi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Kabupaten Gunungkidul, Sunyoto menyambut baik pembatalan pemberlakuan PPKM Level 3 ini.

Pihaknya berkomitmen untuk mendisiplinkan protokol kesehatan.

"Apabila banyak yang melanggar kami lagi nanti yang repot, intinya pelonggaran ini harus diiringi dengan disiplin protokol kesehatan," kata dia.

Secara umum, lanjut dia, fasilitas baik restoran maupun hotel yang menjadi aanggota PHRI Gunungkidul telah memenuhi protokil kesehatan dan bersertifikat CHSI. Ia berharap pelonggaran ini bisa menjadi momentum perbaikan ekonomi para pelaku wisata.

"Dicabutnya PPKM Level 3 ini menjadi tugas berat kami di PHRI untuk membantu pemerintah dalam mendisiplinkan prokes," terang Sunyoto.

Terpisah, Ketua SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan, pihaknya sudah siap mengamankan 16 titik pantai di Gunungkidul. Rencananya 35 personilnya akan dibagi di empat pos.

"Kami juga sudah memulai memasang titik berbahaya di area pantai," kata Sunu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar