Bantu Pemulihan Pasca Erupsi Semeru, Puluhan Relawan PMI Berangkat ke Lumajang

KBRN, Gunungkidul: Palang Merah Indonesia Kabupaten Gunungkidul, berangkat ke Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021) pagi. Keberangkatan mereka dalam rangka ikut membantu pembersihan di sekitar lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru pada Sabtu lalu.

Ketua PMI Gunungkidul, Iswandoyo mengatakan, dari Daerah Istimewa Yogyakarta, sedikitnya ada 25 relawan yang diberangkatkan.

Selain itu, juga ada lima armada Grand Max pickup yang akan digunakan untuk pembersihan.

"Ada satu unit kendaraan box untuk membawa logistik, satu lagi mobil pengurus dan satu mobil pembawa peralatan tenda," ujar Iswandoyo.

Selain mengirimkan relawan dan logistik, beberapa hari lalu, PMI DIY juga melalukan penggalangan dana. Adapun dana yang terhimpun yakni uang tunai sebanyak Rp. 100 juta.

"Untuk relawan dari DIY kami fokuskan untuk pembersihan sisa-sisa material akibat erupsi yang menutup rumah warga, jalan dan fasilitas umum," terang Iswandoyo.

Rencananya, para relawan dijadwal dan dikirim ke Lumajang per tujuh hari, bergabung dengan relawan lainnya di Indonesia. Dengan begitu, diharapkan pemulihan akibat erupsi Gunung Semeru bisa secepat mungkin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar