6475 Penyandang Disabilitas di DIY Siap Divaksin

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan memastikan seluruh penyandang disabilitas di DIY menerima vaksinasi sebanyak dua dosis.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas pada Sabtu (31/7/2021) mengatakan saat ini Pemda DIY melalui Dinas Sosial DIY telah memiliki data penyandang disabilitas yang dapat menerima vaksinasi.

"Total penyandang disabilitas yang dihimpun Dinas Sosial DIY ialah 6.475 orang. Data ini sudah kami usulkan. Dan terlepas dari adanya bantuan dari suatu negara, kami sudah melakukan vaksinasi, di samping untuk anak sekolah juga untuk para difabel. Pagi tadi juga dilakukan dan besok masih ada," jelas Sri Sultan saat mengikuti rakor virtual dari Gedhong Pracimasana, Kepatihan, Yogyakarta.

Menurut Sultan, dari informasi terakhir, sudah ada 1.545 penyandang disabilitas di DIY yang telah mendapat vaksin dosis pertama.

"Dengan adanya bantuan vaksin ini, diharapkan semakin banyak penyandang disabilitas yang mendapat vaksinasi," tambahnya.

Sementara itu, Staf Khusus Bidang Sosial Presiden RI, Angkie Yudistia menjelaskan vaksin hibah Presiden RI bagi penyandang disabilitas ini merupakan vaksin jenis sinopharm bantuan dari Uni Emirat Arab kepada Indonesia, yang pada awalnya, diperuntukkan bagi calon jamaah haji.

"Dalam rapat bersama DPR RI, Menteri Kesehatan sudah menjelaskan, karena ada penundaan hingga pembatalan ibadah haji, maka Pak Presiden menginstruksikan agar vaksin ini diberikan kepada penyandang disabilitas yang ada di daerah-daerah zona merah," jelasnya.

Vaksin bagi penyandang disabilitas ini telah disalurkan dari Kemenkes RI ke daerah melalui Dinas Kesehatan di masing-masing pemerintah daerah. Jadi dalam hal ini, wewenang pemerintah daerah untuk memberikan vaksinasi sesuai dengan kebutuhannya.

"Vaksinasi hibah Presiden RI ini yang menerimanya ada beberapa provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali. Total target alokasi mencapai 450.000 dosis vaksin. Dan untuk DIY telah dialokasikam sebanyak 11.225 dosis vaksin," paparnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00