Upaya Pemkab Kulon Progo Untuk Kembangkan Seni Budaya

KBRN, Kulon Progo : Sejumlah 12 Desa Rintisan Budaya di Kabupaten Kulon Progo memperoleh bantuan gamelan besi dari Dinas Kebudayaan/Kundha Kabudayan setempat. Bantuan yang diserahkan di Taman Budaya Kulon Progo pada Kamis (17/12/2020) ini, bersumber dari Dana Keistimewaan tahun 2020. 

Kepala Dinas Kebudayaan/Kundha Kabudayan Kulon Progo, Niken Probolaras mengatakan, bantuan 12 set gamelan besi Slendro-Pelog tersebut adalah kelanjutan dari bantuan serupa yang sebelumnya sudah diberikan pada 8 Desa Rintisan Budaya di Kulon Progo pada tahun 2018 lalu. 

"Kami berupaya memberikan fasilitas kesenian bagi masyarakat, agar lebih termotivasi dalam mengembangkan potensi dan kreativitas seni," ucap Niken usai penyerahan bantuan gamelan besi di Taman Budaya Kulon Progo, Kamis, (17/12/2020).

Karena itu, lanjut Niken, diharapkan bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga bermanfaat dalam pengembangan budaya. 

"Jika bisa dibuat jadwal pemakaian oleh masing-masing Kalurahan atau forum, sehingga bisa mengembangkan sesuai dengan bidang yang diberikan," tutur Niken.

Sedangkan Sekretaris Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Yudono Hindriatmoko menjelaskan, untuk setiap set gamelan bernilai sekitar Rp 63 juta. Jika dikalikan 12 set, maka total bantuan yang diberikan senilai Rp  760 juta. 

"Inilah bentuk komitmen kami dalam melestarikan budaya di Kulon Progo," ungkap Yudono.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengatakan, Kegiatan Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya yang menampilkan potensi budaya dari Kalurahan-Kalurahan yang ada di seluruh Kapanewon di Kabupaten Kulon Progo, merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan.

"Segenap potensi, kreatifitas dan kemampuan dari seluruh Kalurahan yang merupakan rintisan kantong budaya akan dipaparkan melalui sebuah karya seni pementasan di panggung," tutur Sutedjo.

Sutedjo mengharapkan,Hibah peralatan gamelan besi tersebut akan memberikan stimulan bagi Rintisan Desa Budaya, serta mampu memberikan kemanfaatan yang lebih besar bagi pengembangan dan pelestarian budaya yang telah ada, serta mampu memberikan ruang bagi kreativitas, inovasi dan kreasi para seniman dan pecinta budaya di Kabupaten Kulon Progo. 

Adapun 12 Rintisan Desa Budaya yang mendapatkan Bantuan tersebut, adalah Rintisan Desa Budaya Giripurwo, Rintisan Desa Budaya Pendoworejo, Rintisan Desa Budaya Purwoharjo, Rintisan Desa Budaya Salamrejo, Rintisan Desa Budaya Demangrejo, Rintisan Desa Budaya Banguncipto, Rintisan Desa Budaya Tawangsari, Rintisan Desa Budaya Hargotirto, Rintisan Desa Budaya Hargowilis, Rintisan Desa Budaya Depok, Rintisan Desa Budaya Giripeni, dan Rintisan Desa Budaya Jatirejo.(hrn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00