IVAA dan Warga Dipowinatan Gelar Festival Arsip Bertajuk “EPHEMERA”

KBRN, Yogyakarta : Indonesian Visual Art Archive (IVAA) dan warga kampung Dipowinatan akan menggelar festival arsip, 'Ephemera' pada 16-22 Desember mendatang, bertempat di Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) DIY untuk luring dan juga digelar secara daring.

Dalam kegiatan tersebut, IVAA akan mencoba mengangkat dan mengenal lebih jauh geliat kampung Dipowinatan yang terletak di kelurahan Keparakan, kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta ini.

Kegiatan ini menurut Direktur IVAA, Lisistrata Lusandina, Selasa (15/12), juga dalam rangka memperingati 25 tahun lembaga tersebut.

“Di ulang tahun ini kami ingin otokritik, sejauh mana IVAA ini membumi, apakah kami sudah membumi,” katanya.

IVAA juga berusaha untuk melihat dan mengangkat bagaimana praktik pengarsipan akar rumput yang terjadi di warga selama ini. Karena lembaga ini memang bergerak dalam bidang arsip seni seperti poster dan catalog.

Pemilihan kampung ini sendiri selain karena IVAA bertempat di Dipowinatan juga karena menurut Lisistrata karena ada banyak hal menarik di daerah ini. Bagaimana warga kampung ini memaknai kreatifitas yang berbeda dengan apa yang dimaknai oleh pemerintah selama ini dengan gaung industri kreatifnya. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00