Kaum Muda Millenial Jogja Pentaskan Kethoprak di RRI

KBRN, Yogyakarta : Kaum muda Yogyakarta akan mementaskan pergelaran kethoprak millenial secara daring atau virtual, bertempat di Auditorium RRI Yogyakarta, pada Rabu 25 November 2020 siang.

Khusus untuk pentas kali ini akan dimainkan oleh para remaja atau kaum muda dengan usia maksimal 40 tahun, dan telah melakukan latihan dengan format kethoprak klasik Mataram, dilatih oleh tim kesenian Kethoprak Mataram RRI Yogyakarta, seperti Dalijo Angkring, Angger Sutrisno, Budi Suto, Kelik dan Sugiman Dwi Nurseto.

Sutradara pementasan, yakni Sugiman Dwi Nurseto mengatakan, pentas kali ini sengaja menampilkan anak-anak muda supaya ada regenerasi, serta untuk lebih mendekatkan senikethoprak di kalangan muda.

 “Sengaja kami tampilkan para pelakunya para remaja, selain untuk regenerasi juga agar kethoprak tidak kehilangan rohnya, tidak kehilangan ikon-ikon dalam kethoprak itu sendiri, sehingga yang kami tampilkan adalah format kethoprak klasik seperti yang dilakukan RRI Yogyakarta,” terangnya, kepada rri.co.id, Selasa (24/11/2020) malam.

Lebih lanjut, Sugiman menguraikan tentang lakon yang diambil dalam pentas secara daring tersebut, yakni ‘pageblug’.

“Pandemi bisa mengikis keadaan ekonomi, juga berpengaruh terhadap kehidupan seseorang. Yakni adanya seorang punggawa yang memanfaatkan pandemi untuk mencapai tujuan pribadi atau kelompok,” terangnya.

Ia menambahkan, pandemi sangat berbahaya baik secara fisik maupun mental sehingga harus diperangi dan harus diberantas. (yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00