Dalang Inspiratif Ki Seno Nugroho meninggal Dunia

Dalang Ki Seno Nugroho

KBRN, Yogyakarta : Dunia seniman kembali berduka, dalang kondang Ki Seno Nugroho meninggal dunia Selasa (3/11/2020) kemarin malam pukul 22.15 WIB.

Jenazah akan disemayamkan di rumah duka Dusun Gayam,  Argosari, Sedayu Bantul dan akan dikebumikan di makam Semaki Gede Kota Yogyakarta Rabu (4/11/2020) pukul 13.00 WIB.

Ki Seno Nugroho

Dimata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengungkapkan, Ki Seno merupakan sosok dalang yang menjadi salah satu ikon kesenian wayang kulit, sehingga wayang kembali digandrungi masyarakat dari berbagai kalangan.

Menurutnya, setiap pertunjukan selalu ramai ditonton banyak orang, baik secara langsung maupun live streaming.

"Dua channelnya bisa sampai 20 ribu lebih penonton dunia maya secara live. Saya kira dialah rajanya live streaming di Indonesia. Yg tiap malam dalam cerita wayang climen atau cerita singkat yang hanya dua jam, bisa dilihat secara live lebih dari 8 ribu penonton," ungkap Heroe dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/11/2020).

Di tengah pandemi, Heroe Poerwadi yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid 19 Kota Yogyakarta menyebutkan, dengan pembatasan kegiatan terutama mencegah kerumunan di masa pandemi ini.

Ki Seno dalam setiap pertunjukan tidak menghadirkan penonton, namun tetap dapat dinikmati masyarakat secara live streaming serta meringkas pertunjukan yang hanya berlangsung selama 2 jam.

"Dan itu sukses. Kenapa sukses? Sebab hampir tiap malam selama masa pendemi pertunjukan Ki dalang Seno Nugroho banyak ditanggap orang dan selalu dihadiri banyak penggemarnya secara live," jelasnya.

Ki Dalang Seno Nugroho ditambahkan Heroe merupakan sosok yang menginspirasi, hal tersebut dikukuhkan dengan paling banyaknya penggemar, ketenarannya, dan sosok yang berpengaruh sehingga pola pertunjukkannya juga diikuti seniman dalang lainnya.

"Untuk kesekian kalinya kita kehilangan tokoh seniman dan budayawan yg meninggal di puncak ketenarannya, puncak kejayaannya," ujarnya.

Yogyakarta kehilangan besar atas meninggalnya dalang yang penggemarnya meliputi seluruh penjuru Indonesia.

Pertunjukannya juga tidak hanya sekitar Yogyakarta atau Jawa, tapi di berbagai pulau di Indonesia.

"Dialah seniman yg menguasai pertunjukan dunia maya, rajanya live streaming Channel YouTube utk pertunjukan seni budaya," ungkapnya.

Heroe menceritakan, hampir setiap malam dirinya selalu menyempatkan menonton pertunjukan Ki Seno, meski tidak selalu sampai selesai.

Sampai saat ini ditambahkannya Dalang Seno masih tercatat sebagai warga ber KTP Kota Yogyakarta.

"Selamat jalan Dalang kesayangan, dalang yg membuat pembaruan dan keluwesan untuk memberikan hiburan yang mendidik semoga segera muncul seniman dalang-dalang lainnya yang bisa meraih popularitas dan memajukan seni budaya pewayangan," pungkasnya.

Ki Seno Nugroho meninggal di usianya yang ke 48 tahun lahir di Yogyakarta 23 Agustus 1972 meninggal 3 November 2020, Meninggalkan 3 anak Anglir Kinanthi, Gadhing Pawukir, Djenar Nyimasayu, serta istri Agnes Widiasmoro.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00