Sendrataari Pilar Ketahanan dan Kedaulatan Budaya Masyarakat

KBRN,Yogyakarta : Dinamika perlindungan, pemeliharaan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan sendratari di DIY terus berlangsung, baik oleh masyarakat, para pelaku budaya maupun pemerintah.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Sumadi dalam sambutannya pada pembukaan Festival sendratari DIY, di Dinas Kebudayaan DIY Sabtu, (10/10/2020).

Sumadi mengatakan, dukungan pemerintah diwujudkan melalui Ajang festival sendratari se-Daerah Istimewa Jogjakarta tahun 2020.

"Sebagai ajang kompetisi terbuka antar kekuatan potensi dan kualitas saji sendra tari di kabupaten dan kota yang dihimpun untuk mencapai prestasi terbaik tingkat Daerah Istimewa Jogjakarta," katanya.

Kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan sendratari yang berkualitas, mampu menjadi  pilar ketahanan dan kedaulatan budaya masyarakat.

Nilai filosofi dalam sendratari juga diharapkan dapat membentuk karakter bangsa melalui seni budaya

"Sehingga kegiatan pemilihan pengembangan pemanfaatan dan pembinaaan sendratari dapat lebih terukur dan terstruktur. semakin dirasakannya kebutuhan untuk melahirkan sendratari yang berkualitas, sehingga sendrataari dapat menjadi suatu pilar ketahanan dan kedaulatan budaya masyarakat serta semakin berkembangnya pemanfaatan media sosial dalam jaringan internet," lanjutnya.

Sumadi menambahkan, meski pandemi, Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun ini tetap menyelenggarakan kegiatan festival sendratari.

Harapannya dengan penyelenggaraan festival sendratari ini memberikan peran bermakna dalam pembangunan ketahanan budaya bagi generasi muda.

"Sendratari ini tidak hanya menjadi tontonan bagi kita semua tetapi kita bisa mengambil tuntunan dari filosofi sendratari itu. sehingga berguna untuk membentuk karakter bangsa melalui seni budaya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Adat Tradisi Lembaga Budaya dan Seni , Dinas Kebudayaan DIY, Yuliana Eni Lestari menjelaskan, Festival Sendratari 2020 merupakan yang ke-50 tahun, karena sendratari ini sudah dimulai sejak tahun 1970.

Festival ini diharapkan mampu memberikan energi positif bagi perkembangan kebudayaan di Daerah Istimewa Jogjakarta. 

"Usia emas Festival Sendratari DIY. Sungguh sebuah kegiatan ini merupakan sebuah kompetensi yang telah melalui proses dan perkembangan yang sangat luar biasa. Ditandai dengan perkembangan bentuk sajian, pola garap, sumber dan tafsir cerita, dan sebagainya, yang diharapkan mampu memberikan energi positif bagi perkembangan kebudayaan di Daerah Istimewa Jogjakarta," urainya.

Festival sendratari antar kabupaten dan kota se Daerah Istimewa Jogjakarta ke 50 tahun 2020  bertema krisis covid 19.

Karena masa pandemi, festival digelar secara virtual. Peserta menampilkan pertunjukan sendratari di wilayah masing-masing, sedangkan panitia dan dewan juri di Dinas Kebudayaan DIY.

Pada pesta emas festival sendratari DIY, di tahun 2020 ini Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Jogjakarta menerbitkan buku perjalanan festival sendratari. (wur/ian)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00