Resmi Dibuka, FKY 2020 Dilaksanakan dengan Kombinasi Luring dan Daring

KBRN, Yogyakarta : Festival Kebudayaan Yogyakarta ( FKY ) 2020 resmi dibuka pada hari Senin 21 September dan akan berlangsung hingga 26 September 2020.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pembukaan FKY tahun ini dihadiri oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan beberapa tamu undangan dengan jumlah yang terbatas serta  mematuhi protokol kesehatan.

FKY tahun ini mengangkat tema yang sama dengan tahun lalu yaitu #Mulanira2, sebuah kata yang diangkat dari bahasa Jawa kuno yang berarti wiwitan atau mengenalkan beragam kebudayaan yang ada di yogyakarta dan dipadukan dengan judul ‘Akar Hening di Tengah Bising’.

“Judul ini dimaknai sebagai sebuah pengingat, bahwa sesulit apapun kondisi yang harus dijalani dalam situasi pandemi saat ini, tetap ada ruang dalam mengupayakan produksi pengetahuan, memperlebar ruang yang menghiduoi ketahanan warga dan mempertajam daya baca kita sama halnya seperti akar yang bergerak hening namun tetap melakukan sesuatu yang menakjubkan di tengah situasi kondisi bising saat ini,” ungkap Paksi selaku Direktur Utama FKY 2020.

Acara tahun ini juga akan berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana semua pertunjukan dan pameran dibuat dengan konsep virtual atau daring melalui website dan dengan menghadirkan program melalui televisi dan radio.

“Daring yaitu menggunakan www.fkymulanira.com itu sebagai venue, jadi semua program acara kita ada di situ. Jadi selain secara langsung juga bisa secara virtual 360 bisa dinikmati 24 jam dan bisa nonton dari rumah,” ungkap Ovi Irmawati sebagai marketing dan komunikasi manager.

Selain menggunakan daring, FKY tahun ini juga diadakan secara luring yaitu melalui radio FKY dan FKY Tv.

“Untuk radio FKY sendiri menghadirkan seni beroutput audio dan juga bisa disaksikan secara visual dalam website kami.  Dalam FKY tv, kami menghadirkan takshow interaktif dari dinas kabupaten dan kota serta tayangan dari kontingen setiap kota dan kabupaten,” paparnya.

Menurutnya, karena kunjugan yang terbatas, pengunjung bisa pendaftaran via online dahulu di www.fkymulanira.com/pameran, nanti di situ pilih kunjungann langsung.

“Maksimal 30 orang setiap sesinya yang kita bagi menjadi 4 sesi / bisa langsung datang kalo memang masih ada kuota,” ujar Ovi Irmawati.

Dia berharap apa yang sudah panitia siapkan untuk FKY tahun ini bisa diterima oleh masyarakat dan segala keterbatasan kami itu tidak mengurangi esensi dan dengan apa yang kami berikan untuk masyarakat sudah menjadi sesuatu yang baik untuk kami terima. (panji/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00