Moods di Bulan Purnama

KBRN, Yogyakarta : Buku puisi berjudul ‘Moods’ karya Sonia Prabowo akan diluncurkan di Sastra Bulan Purnama edisi 124, Sabtu, 29 Januari 2022, pkl. 15.00 di Pendapa Tembi Rumah Budaya, jl.Parangtritis Km 8,5, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Di masa pandemi covid 19, jumlah peserta dibatasi 30 orang, atau setidaknya 50 orang dan sudah penuh.

Buku puisi karya Sonia Prabowo, yang juga dikenal sebagai seorang fotografer, dipadukan dengan karya fotografi, sehingga buku puisi ‘Moods’ merupakan buku puisi kolaborasi dengan puisi. Karya foto Sonia Prabowo puitis, apalagi dihadirkan dalam formula  hitam putuh, nuansa puitisnya terasa.

Selain peluncuran buku puisi, sekaligus Sonia Prabowo memajang karya fotografinya di ruang pamer Tembi Rumah Budaya, sehingga peluncuran buku puisi sekaligus pembukaan pameran fotografi karya Sonia. Sekitar 100 karya berbagai ukuran akan dipamerkan dan akan dibuka oleh seorang fotografer senior, Pinto NH,

Puisi-puisi karya Sonia yang terkumpul dalam buku ‘Moods’, dalam peluncuran ini akan dibacakan oleh para fotografer, perupa dan penyair. Beberapa fotografer yang akan membacakan puisi karyanya di antaranya, Teguh Santosa, Himawan, Farid Wong, Budi Asmarawati, Ugo Untoro, Reza Kodok, Gek Ami dan Umi Kulsum. Musikalisasi puisi akan dipersiapkan Diki Satya.

Buku puisi karya Sonia Prabowo akan dibincangkan oleh dua narasumber, seorang penyair dan seorang fotografer. Tentu, penulisnya juga akan ikut berbicara dan membacakan puisi karyanya sendiri. Fauzie Absal, seorang penyair, yang sejak tahun 1970-an sudah menulis puisi dan ikut aktif di Persada Studi Klub asuhan Umbu Landu Paranggi, akan membahas puisi2 karya Sonia, dam Pinto NH, seorang  fotografer lebih membahas karya foto Sonia. Bertindak sebagai moderator Esti Susilarti, seorang jurnalis senior, yang juga menekuni aktivitas pariwisata.

Sebagai fotografer, Sonia pernah  melakukan pameran tunggal di Bentara Budaya Yogyakarta, dan pameran bersama dengan para fotografer lainnya. Rupanya, Sonia tidak hanya kreatif di dunia fotografi, tetapi ia juga melukis. Karya lukisnya pernah dipamerkan dengan para pelukis Yogya lainnya. Pameran fotografi dan peluncuran buku puisi ini sekaligus untuk merayakan usia Sonia yang ke-50 tahun.

“Saya merasa, peluncuran  buku puisi dan pembukaan pameran fotografi ini penuh makna di usia saya yang ke-50 tahun,” ujar Sonia Prabowo berseri-seri.

Sementara itu, Ons Unoro selaku koordinator Sastra Bulan Purnama menyebutkan, ini kali pertama kolaborasi puisi dan fotografi dan sekaligus pameran fotografi. Yang pernah dilakukan kolaborasi puisi dan karya seni rupa, para perupa menulis puisi dan memamerkan karyanya. Keduanya ditampilkan bersama.

“Pada penampilan Sonia Prabowo, buku puisi dan fotografi, keduanya merupakan karyanya sendiri. Bukan karya dari dua kreator yang berbeda,” kata Ons Untoro.

Selama pandemi covid 19, yang sudah kita alami bersama selama 2 tahun, Sastra Bulan Purnama terus diselenggarakan, hanya formatnya dialihkan secara digital dan dihadirkan secara ‘live’ melalui yotube Sastra Bulan Purnama, dan diberi tajuk Poetry Reading From Home.

Sejak di Yogya covid 19 mulai mereda, dan penderita covid 19 menurun, Sastra Bulan Purnama, sejak bulan Oktober 2021 diselenggarakan secara offline dan peserta dalam jumlah terbatas.

“Rupanya, para pecinta sastra memerlukan interaksi sosial secara langsung. Karena dalam interaksi seperti ini kehangatan persahabatan lebih terasa, dan masing-masing memiliki kesadaran prokes,” ujar Ons Untoro. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar