Marak Pentas Jatilan, Wabup Sleman: Harus Jaga Prokes

Pentas Jathilan Warga Morangan vii

KBRN, Sleman: Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa membuka kegiatan pementasan seni tari Kuda Lumping Turonggo Sakti di Dusun Murangan VII, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Sleman, Minggu (16/1/2022). 

Danang Maharsa  menyampaikan apresiasinya terhadap karangtaruna beserta seluruh pihak yang telah kembali menyelenggarakan kegiatan seni tari kuda lumping yang sebelumnya sempat terhenti dikarenakan adanya kebijakan terkait pandemic Covid-19. 

“Kami sangat mengapresiasi kembali diselenggarakannya pementasan seni kuda lumping oleh kelompok seni Turonggo Sakti Dusun Murangan VII,” katanya.

Danang menyebut penyelenggaraan pementasan seni tari tersebut menjadi salah satu upaya dalam menjaga serta melestarikan budaya yang ada di wilayah Kabupaten Sleman.

Menurutnya, semangat para pelaku seni dan seluruh pihak yang ikut andil dalam melestarikannya patut mendapatkan dukungan terlebih, semangat tersebut tidak surut setelah dua tahun lebih pementasan kesenian terhenti akibat pandemi covid 19. 

Lebih lanjut, Danang mengatakan keberadaan kelompok kesenian di suatu daerah tidak hanya dapat melestarikan budaya tetapi juga menjadi wadah guyub dan kerukunan sesama warga sehingga dapat tercipta masyarakat yang memiliki rasa solidaritas dan kekeluargaan yang tinggi.  Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat beserta penyelenggara kegiatan untuk terus memperhatikan protokol kesehatan .

"Pentas jathilan melibatkan banyak orang dan berpotensi terjadi kerumunan, sehingga masyarakat harus disiplin menjaga protokol kesehatan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar