Ponpes Krapyak Dapat Seperangkat Gamelan

GKR Hemas

KBRN, Yogyakarta : Seperangkat Gamelan Kuningan Pelog dan Slendro dari Dinas Kebudayaan DIY, diberikan kepada Pondok Pesantren Krapyak, Sewon Bantul.

Penyerahan alat musik tradisional itu, berlangsung Kamis (2/12/2021), yang dihadiri langsung GKR Hemas, sebagai permaisuri Raja Keraton Yogyakarta.

Sebagai Anggota DPD RI, Hemas mengatakan, saat ini permintaan gamelan sudah sangat banyak, bahkan daftar tunggunya panjang. Tidak hanya dari wilayah Yogyakarta saja, tetapi juga desa budaya, hingga ke kantor kedutaan di luar negeri, seperti Rusia, Jepang, Finlandia, dan lain sebagainya.

”Meskipun antre tetapi saya mendesak agar pondok pesantren menjadi prioritas,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/12/2021).

Menurutnya, gamelan merupakan salah satu kekuatan budaya bangsa, sehingga dapat memperkuat karakter bangsa. Jika budayanya kuat, maka Bangsa Indonesia kata Hemas juga pasti kuat.

Ia juga berharap, agar tidak hanya santri putra yang belajar gamelan, santri putri juga perlu diberi pelatihan yang sama. Sehingga diharapkan, memunculkan nilai tambah dalam diri santri, tidak hanya pemahaman agama, tetapi sekaligus mampu melakukan praktik budaya.

Dalam sambutan atas nama Pengasuh Pondok Pesantren Krapyak, Ibu Nyai Hj. Ida Rufaida Ali Maksum menyampaikan rasa terima kasihnya, atas pemberian seperangkat gamelan.

Hal ini menandakan masih kuatnya hubungan antara Pesantren Krapyak dengan Keraton Yogyakarta, yang memang sudah terjalin sejak awal pendiriannya.

“Pondok Pesantren Krapyak didirikan oleh Simbah K.H. Munawwir yang cukup dekat dengan Keraton, dan kedekatan itu terjalin terus-menerus. Bahkan dalam beberapa hajatan di Krapyak, pihak Keraton pun turut hadir. Kami sebagai penerus mengupayakan agar pesantren ini terus berkembang,” kata Nyai Hj. Ida. (ws)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar