Musikal Hanacaraka: Produk Festival Sastra Yogyakarta 2021

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menggelar Musikal Hanacaraka.

Musikalisasi Hanacaraka merupakan implementasi dari kegiatan Festival Sastra dalam rangka pembinaan dan pengembangan bahasa dan sastra di Kota Yogyakarta pada tahun 2021. 

Pertunjukan sastra musikal Hanacaraka memberikan panggung bagi talenta-talenta pelestari sastra Jawa yang berpotensi di seni musik, tari, dan akting. Mereka berproses, berlatih dibawah payung tim kreatif Garin Nugroho dan Paksi Raras Alit. 

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, S.Sos., M.M mengatakan, musikal Hanacaraka dimaksudkan untuk mengembangkan bahasa dan sastra Jawa yang lebih menarik. Bahasa dan sastra Jawa dapat dioptimalisasikan menjadi lebih bisa diterima oleh masyarakat.

"Harapannya melalui produksi Musikal Hanacaraka ini akan menjadi ruang yang bisa lebih mudah diterima oleh generasi muda, menjadi media untuk mengajak generasi muda bergembira dengan bahasa dan aksara Jawa, sekaligus mensosialisasikan hanacaraka menjadi bagian gaya hidup anak muda, jelas Yetti di ruang kerjanya, Rabu (1/12/2021).

Garin Nugroho pada kesempatan terpisah menyampaikan, Yogyakarta istimewa karena budayanya. Hanacaraka sebagai bagian dari Festival Sastra Yogyakarta 2021 menjadi entertain edukatif yang merepresentasikan jatidiri orang Jawa. 

Menurutnya, Hanacaraka pantas dirayakan oleh orang Jawa, dan selayaknya menjadi bagian dari gaya hidup anak muda Jogja. 

Sementara Paksi Raras Alit mengatakan bahwa Musikal Hanacaraka adalah upaya untuk menghadirkan kesegaran dan 'kekinian' dalam penyajian aksara jawa, dan pertunjukan berbasis bahasa dan sastra Jawa. 

"Dengan melibatkan generasi muda beserta karakter-karakter modernnya, harapannya hal yang selama ini dianggap kuna, dan tua, menjadi segar dan muda, sesuai gejala jaman hari ini," tutur Paksi. 

Tayangan berdurasi 48 menit ini dapat dilihat melalui kanal Youtube Pemkot Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar