Festival Sastra Jawa Yogyakarta 2021

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta untuk pertama kalinya melestarikan dan mengembangkan kebudayaan khususnya sastra dan bahasa Jawa dalam sebuah festival. 

Kepala Kundha Kabudayan Kota Yogyakarta Yetti Martanti mengatakan, festival Sastra Yogyakarta menjadi suatu media yang mengemas karya-karya sastra agar tetap lestari dan berkembang.

Agar mampu menarik masyarakat terutama generasi milenial Yetti menjelaskan, Festival Sastra Yogyakarta dikemas sesuai kontekstual dengan generasi muda saat ini, sehingha lebih bisa dinikmati dipahami dan mendorong generasi muda juga bisa turut serta melestarikan dan mengembangkan khususnya sastra ini.

"Jadi selama inikan orang kalau bicara bahasa jawa ataupun belajar aksara jawa itu kan kadang merasa jadi beban, sulit begitu. Tapi bagaimana mengemas ini menjadi sesuatu yang menyenangkan sehingga mereka bisa belajar dengan gembira," katanya.

Dibuka di Hotel Royal Ambarukmo, Senin (29/11/2021) menyajikan rangkaian acara seperti Musikal Honocoroko, sandiwara bahasa jawa 'Sinten Sek Remen', Pameran Virtual manuskript, talkshow sastra, workshop Aksara Jawa Digital, serta film sastra Gegaraning Akrami.

"Inikan sebenarnya ingin kita memberi pesan-pesan terkait bagaimana bahasa dan aksara jawa bisa berkembang bagus, tapi kontekstual artinya bisa diterima oleh masyarakat saat ini," imbuhnya.

Perhelatan puncak Acara Festival Sastra Yogyakarta 2021 digelar selama tiga hari, Senin (29/11/2021) hingga  Rabu (1/12/2021).

Agenda ini menjadi brand yang diusung oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta untuk membangkitkan denyut kehidupan sastra lokal di Yogyakarta sebagai Kota Budaya.

Masyarakat dapat menikmati agenda Festival Sastra 2021 ini melalui kanal youtube Pemerintah Kota Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakakarta, dengan jadwal sebagai berikut:

1. Rabu 1 Desember pukul 19.00 = Musikal Hanacaraka

2. Kamis 2 Desember pk. 19.00 = Pameran Virtual Manuskrip

3. Jumat 3 Desember pk. 19.00 = Sandiwara Bahasa Jawa “Sinten Sik Remen”

4. Sabtu 4 Desember pk. 19.00 = Talkshow Sastra

5. Minggu 5 Desember pk. 19.00 = Pentas Kidung Aksara Jawa

Bagi seluruh pelajar SD, SMP dan SMA/K di Kota Yogyakarta disediakan 20 hadiah menarik bagi 20 esai terpilih. Dengan cara menuliskan esai  tentang sastra tradisional bersumber dari tayangan tersebut, maksimal 500 kata. Pengiriman sampai dengan 15 Desember 2021, melalui link berikut : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfFlqu0e9MkLBhn5F-0QlBTksY0IeDFNtKQ6YW5LE_dsnySjw/viewform.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar