JIBB 2021, Sri Sultan HB X Ingatkan Pentingnya Tumbuhkan Cinta Batik Sejak Dini

Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka JIBB 2021 / youtube JITV

KBRN, Yogyakarta : Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X resmi membuka Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2021.

Menurut Sri Sultan JIBB 2021 dengan tema Borderless Batik , From Heritage to Millenial`s Life Style”  yang akan digelar mulai 25 Juni 2021 hingga 2 Oktober 2021 ini diharapkan dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi berbasis kegiatan membatik dengan beragam ikutannya. Utamanya ditujukan, agar menjadi fashion life style kaum milenial.

"Bukan untuk mendaki puncak gunung Merapi, tetapi puncak pencapaian sosialisasi batik ke seluruh lapisan masyarakat. Misalnya untuk menumbuhkan kecintaan batik sejak dini, dengan program “Batik Goes to School” melalui media digital yang diminati kaum milenial,” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam sambutannya saat pembukaan JIBB 2021, di Kepatihan, Yogyakarta, Jumat, (25/6/2021).

Selain itu, Sri Sultan juga menilai perlunya memberikan penghargaan bagi para tokoh inspiratif Penggiat Batik. Selain itu, pada material batiknya sendiri, juga ada kegiatan riset-aksi untuk menggali dan mengkaji Tren Batik Warna, Filosofi Batik, Fashion Batik, Trail Batik, dan sebagainya.

"Sementara itu, masyarakat juga diharapkan selalu berusaha meningkatkan kualitas seni batik, sekaligus memberi ruh baru, suntikan spirit baru, guna menghidupkan Yogyakarta Kota Batik Dunia sesuai missi dan atribut kultural yang disandangnya," kata Sri Sultan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00