Tingkatkan Semangat di Tengah Pandemi, Prajurit Kodim Kulon Progo Mendapat Motivasi

KBRN, Kulon Progo : Puluhan prajurit Kodim 0731/Kulon Progo mendapatkan motivasi yang berharga dari motivator handal Aqua Dwipayana dalam acara yang bertajuk 'Sharing Komunikasi dan Motivasi'. Acara ini digelar oleh Korem 072/Pamungkas dengan mengambil tempat di Aula Kodim 0731/Kulon Progo, Senin (18/1/2021).

Kodim 0731/Kulon Progo menjadi titik lokasi pertama kegiatan ini. Aqua Dwipayana juga memberikan motivasi di sembilan kodim dan satu batalyon di bawah Korem 072/Pamungkas.

Komandan Kodim 0731/Kulon Progo, Letkol Inf Yefta Sangkakala mengatakan, kegiatan tersebut memiliki tujuan mulia yaitu memberi semangat bagi para prajurit TNI di Kulon Progo, dalam rangka menyambut tahun 2021 yang mana, pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Semangat yang tinggi sangat diperlukan oleh para prajurit dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih terjadi. TNI menjadi salah satu garda depan untuk menyosialisasikan protokol kesehatan pada masyarakat. Jadi perannya penting," ucap Yefta, di Kodim 0731/KLP, Senin (18/01/2021).

Yefta menjelaskan, Prajurit bisa saja kehilangan semangat karena jenuh dengan rutinitas dalam ketugasannya menyosialisasikan protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19. Perjuangan prajurit tidak mudah karena masih ada segelintir masyarakat yang tidak percaya adanya Covid-19.

"Berkaca pada tugas penting ini maka semangatnya harus terus terjaga dalam mengedukasi masyarakat, lingkungan serta keluarganya," ungkap Sangkakala.

Sementara itu, motivator acara, Aqua Dwipayana mengatakan, prajurit TNI harus terus berpikiran positif serta memiliki energi yang baik untuk melakukan ketugasannya. Mereka juga harus bisa membangun komunikasi yang baik, karena ini menjadi kunci dalam mengajak masyarakat untuk mendukung program pemerintah.

Saat masa pandemi, banyak prajurit yang bekerja dengan ikhlas, semangat dan melebihi jam kerja. Dengan pola ini para prajurit memiliki kesempatan ibadah yang banyak. Namun demikian, kinerja prajurit yang seperti ini sering tidak mendapatkan apresiasi masyarakat. 

"Harapannya masyarakat lebih bisa mengapresiasi kinerja prajurit tersebut. TNI disaat pandemi menjadi salah satu tumpuan. Jangan sampai semangatnya menurun. Maka dari itu saya selalu mengajak untuk bersemangat dan berpikiran positif," kata Aqua Dwipayana.

Aqua menjelaskan, para prajurit TNI memiliki kinerja yang luar biasa, namun kadang kala justru tidak mendapatkan apresiasi.

"Mereka juga manusia, jadi tidak harus dibalas dengan imbalan atau lainnya. Cukup dengan ucapan terima kasih. Misal ada prajurit yang berbuat kesalahan, itu hanya oknum saja, katanya. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00