Warga di KRB 3 Merapi Desa Sidorejo Klaten Belum Mengungsi

KBRN, Klaten : Warga Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) 3 Merapi sampai saat ini belum mengungsi, meskipun sejak beberapa hari ini Gunung Merapi terus mengeluarkan material lava pijar.

Plt Camat Kemalang Klaten, Sudiyono menyatakan, warganya yang  berada di KRB 3 Merapi yang meliputi tiga padukuhan, yakni Dukuh Petung, Deles dan Dukuh Mbangan, belum mengungsi ke GOR Kalimosodo. Alasan mereka karena guguran lava pijar mengarah ke barat daya.

“Warga Desa Sidorejo yang berada di KRB 3 yang belum mengungsi menjadi kendala, kita sebagai  pemerintah punya kewajiban mengingatkan harus mengungsi, karena fenomena di Merapi ini kan statusnya sudah mengeluarkan lava pijar ya memang mengarah ke arah barat, tapi tetap meningkatkan kewaspadaan berhati-hati karena bahaya susah diprediksi,” terangnya, Selasa (12/1/2021).

Lebih lanjut Sudiyono menjelaskan, kelompok retan seperti lansia, anak-anak dan Ibu hamil, yang belum mau mengungsi cukup mengkawatirkan karena aktivitas Merapi semakin meningkat.

Semenatara itu, Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang, Gotot Winarso mengatakan, Warga Desa Sidorejo yang sampai saat ini belum mengungsi ada 365 jiwa.

“Dari jumlah tersebut, kolompok rentan ada 95 orang yakni lansia 48 orang, balita 36, Ibu hamil 3 orang  dan  kelompok berkebutuhan khusus ada 8 orang,” paparnya.

Menurut Gatot, alasan warga belum mengungsi karena sekarang masih merasa nyaman, dari pada yang kemarin karena saat ini guguran lava pijar dari Merapi mengarah ke barat.

Meskipun belum mengungsi, Gatot Winarso berharap warga di tiga padukuhan di Desa Sidorejo yang berada di Kawasan KRB tiga tersebut untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan  ronda malam, karena bahaya Merapi juga sulit diprediksi. (yon/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00