FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Polda DIY Pastikan Keamanan Vaksin Corona

KBRN, Yogyakarta : DIY mulai menerima distribusi vaksin dari pemerintah pusat untuk penanganan pandemi Corona. Sekitar 26.800 dosis vaksin tahap pertama telah sampai di gudang penyimpanan khusus yang berada di bawah pengawasan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY yang juga Satgas Covid-19 tingkat DIY.

“Polda DIY mulai hari ini (Selasa pagi) melaksanakan pengamanan terhadap vaksin Covid-19. Tadi pagi, sekitar pukul 06:30 vaksin tersebut sudah sampai di gudang penyimpanan,” ujar Kabid Humas Polda DIY Kombes Polisi Yuliyanta.

Berbicara kepada awak media, Selasa (05/01/2021) siang, Yuliyanta menuturkan, vaksin tersebut didatangkan dari Jakarta menuju dengan pengawalan yang dilakukan secara beranting dari Jawa Tengah menuju Yogyakarta ketika melalui jalur darat.

“Pengawalan dilaksanakan dari Jakarta oleh Korlantas Mabes Polri dan Brimob, dan kemudian disambut oleh personil dari Ditlantas Polda DIY di perbatasan Klaten – Sleman dan kemudian diantar ke gudang penyimpanan. Selama dalam perjalanan, proses pengamanan berjalan lancar,” tuturnya.

Tak hanya mengawal pendistribusian vaksin Covid-19, jajaran Polda juga melakukan pengamanan di gudang tempat penyimpanan vaksin dengan melibatkan jajaran Brimob dan Sabhara Polda DIY. Kombes Polisi Yuliyanta menegaskan, pola tindakan serupa juga akan dilakukan saat kedatangan vaksin gelombang berikutnya.

“Pengamanan di gudang dilakukan oleh satuan dari Brimob dan dilaksanakan patroli oleh Polres setempat dan Polsek. Untuk pengamanan ini, kami mengerahkan kekuatan yang cukup dalam rangka pengamanan vaksin Covid-19 ini,” paparnya.

DIY mendapat distribusi 26.800 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Pengiriman tahap pertama ini nantinya akan ditujukan bagi tenaga kesehatan yang pertama kali akan mendapat vaksin Covid-19. Selain itu, aparat TNI/Polri yang juga menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi juga akan mendapat vaksinasi tahap pertama.

Kasubdit Penmas Polda DIY AKBP Verena Sri Wahyuningsih menyebutkan, jajaran Polda DIY yang akan menerima vaksinasi adalah yang bertugas dalam Operasi Aman Nusa II, yang dikhususkan untuk penanganan pandemi dan juga penegakkan protokol kesehatan.

“Jadi tidak semuanya, tapi anggota yang ikut Operasi Aman Nusa. Untuk jumlahnya ada 510 personil, namun terkait kapan vaksinasinya kami sendiri belum tahu,” sebut Verena.

Rencananya, Pemda DIY akan menerima total 2.605.179 dosis vaksin. Pada tahap kedua, pemerintah pusat akan mengirimkan 555.290 dosis vaksin yang diperuntukkan bagi lansia dan petugas pelayanan publik.

Sedangkan di tahap ketiga, Pemda akan menerima sekitar 995.353 dosis vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan kepada masyarakat rentan. Sementara untuk tahap keempat atau distribusi terakhir, akan dikirimkan 1.067.912 dosis vaksin yang ditujukan bagi pelaku ekonomi dan masyarakat umum.

“Di setiap tahapan pengiriman, jajaran Polda akan melakukan pengamanan dan membantu pendistribusian secara maksimal,” tandasnya. (ros/yyw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00