Lima Gereja Besar di Gunungkidul Mendapat Pengamanan Ketat

KBRN, Gunungkidul : Untuk mengantisipasi ancaman bom padan saat dan menjelang perayaan Natal Tahun 2020, Polres Gunungkidul menggandeng tim Jibom Gegana Brimob Polda DIY menyisir lima gereja besar, yakni Gereja Santo Paulus Kelor Lapanewon Karangmojo, GKJ Wiladeg, Gereja Santo Petrus Kanisius  Wonosari, GKJ Wonosari dan Gereja Santo  Yusuf Bandung Playen.

Petugas memprioritaskan penyisiran bahan peledak karena lima gereja ini memiliki jumlah jemaatnya paling besar. Pemeriksaan pertama dilaksanakan di Gereja Santo Paulus Kelor kemudian dilanjutkan ke GKJ Wiladeg, Gereja Santo Petrus Kanisius  Wonosari, GKJ Wonosari dan terakhir di Gereja Santo  Yusuf Bandung Playen.

Petugas dari Jibom Gegana Brimob Polda DIY yang dibantu oleh anggota Polres Gunungkidul telah melakukan pemeriksaan di seluruh sudut ruang gereja. Dengan menggunakan metal detektor dan cermin intai, petugas memastikan seluruh ruangan di dalam gereja steril dari bahan-bahan yang berbahaya. Tidak hanya di dalam ruangan saja, penyisiran juga dilakukan di luar bangunan gereja.

Kasubbagdalops Bagian Operasi Polres Gunungkidul. Iptu Sumardi mengatakan, sterilisasi gereja ini bertujuan untuk memastikan perayaan natal berjalan lancar.

"Untuk Gunungkidul sendiri dilaksanakan dilima gereja yang  jumlah jemaatnya cukup besar," katanya, Rabu (23/12/2020). 

Dalam sterilisasi ini, tim Jibom Brimob Polda DIY menerjunkan delapan orang petugas. Selain itu juga dibantu oleh anggota Sabhara dan Reskrim Polres Gunungkidul sebanyak 5 personil. Dari hasil pemeriksaan, petugas tidak menemukan bahan-bahan berbahaya. Namun demikian, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya meminta pengurus gereja dan petugas keamanan tetap meningkatkan kewaspadaan

"Setiap orang yang hendak masuk ke dalam gereja sebaiknya diperiksa satu persatu, termasuk barangbawaanya,” ungkapnya.

Sebelumnya Wakapolres Gunungkidul Kompol Supriantoro menyampaikan operasi pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 akan dilakukan mulai hari ini hingga 4 Januari 2021.

"Kami terjunkan setidaknya 627 personel dari berbagai unsur untuk pengamanan," katanya.

Adapun Polres Gunungkidul mendominasi dengan menerjunkan sebanyak 245 personel.Kemudian petugas dari Pemkab Gunungkidul 185 personel serta TNI sebanyak 45 personel. (wib/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00