Setengah Abad FASI, Harumkan Bangsa dan Tumbuhkan Kecintaan Dirgantara

KBRN, Yogyakarta: Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengapresiasi pencapaian yang telah diraih organisasi Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) di usianya yang tahun ini tepat menginjak setengah abad. 

Pada perayaan HUT ke-50 FASI, Sabtu (23/1/2022) pagi, di Lapangan Wingdikterbang, Kompleks Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Kasau mengakui tak mudah bagi sebuah organisasi olah raga dan pecinta dirgantara untuk tetap eksis dalam kurun waktu yang lama. 

"Jadi 50 tahun itu merupakan perjalanan yang panjang bagi sebuah organisasi seperti FASI," kata Kasau dengan didampingi Danlanud Adisutjipto Marsma TNI M Yani Amirullah. 

Tak hanya menumbuhkembangkan kecintaan pada hal-hal kedirgantaraan, FASI juga telah meraih berbagai prestasi dunia lewat ajang internasional yang diikuti atlet FASI.

Hal itu membuat FASI, menurut Kasau, telah mampu mengharumkan nama bangsa dan negara. 

"Kita patut bersyukur, di usia 50 tahun ini, sudah banyak prestasi yang kita torehkan. Dan FASI ini berdiri pada 17 Januari 1972. Kami TNI AU bersama-sama dengan masyarakat mengembangkan kegiatan pada dirgantara lewat FASI ini," terangnya. 

Semakin maju dan modern 

Marsekal TNI Fadjar Prasetyo berharap di masa mendatang organisasi FASI  semakin modern, besar dan dikenal oleh masyarakat Indonesia dan semakin banyak peminat-peminat  yang tertarik dengan dunia kedirgantaraan. 

“FASI merupakan  wadah yang resmi untuk membina dan menggali potensi-potensi yang ada dengan meningkatkan prestasi, karena dengan prestasi akan menjadi  tolak ukur dari pembinaan setiap cabang olah raga kedirgantaraan," tandasnya 

Lebih lanjut Kasau  juga menyampaikan ucapan terimakasih  kepada Pemerintah Daerah yang telah membina FASIDA sehinga dapat semakin maju bahkan berprestasi. 

“Saya melihat potensi terus berkembang baik segi peralatan, bakat, potensi daerah yang bisa dikembangkan bersamaan dengan adanya olah raga kedirgantaraan tentunya dapat  meningkatkan pariwisata didaerah tersebut,” harap Kasau. 

HUT ke-50 FASI dilaksanakan secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat masih pada masa pandemi virus Covid-19. 

Adapun acara diawali dengan  pemotongan tumpeng yang diberikan Kasau kepada perwakilan atlet tim putri terjun payung peraih medali emas pada PON XX Papua atas nama Kapten Adm Endang Dwi Sulitiyani serta  pemberian simbolis sembako yang akan disalurkan keempat panti asuhan disekitar Kota Yogyakarta. 

Pada kegiatan HUT ke-50 FASI, dimeriahkan dengan penampilan Jupiter Aerobatic Team (JAT), terjun payung, Microlight dan Trike, Paramotor, Aeromodelling, dan layang-layang serta peninjauan static show. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar