Uji Kemampuan, Calon Pilot Laksanakan Latihan Terbang Malam

KBRN, Yogyakarta: Menjadi angkasawan yang tangguh, harus mampu menaklukkan tantangan terbesar sekalipun. Hanya dengan berlatih dan berlatih, maka kemampuan para penerbang dapat terus terasa serta teruji. 

Oleh sebab itu, Komandan Lanud (Danlanud) Adisutjipto Marsekal Pertama (Marsma) TNI M Yani Amirullah membuka Latihan Terbang Malam bagi siswa SIP TNI AU A-85 dan SIP TNI A-86.

Latihan yang diajarkan di antaranya latihan terbang malam profisiensi, refreshing, standarisasi bagi Instruktur Penerbang dan pengenalan bagi siswa kursus operator PTTA A-4. 

Kegiatan yang berlangsung, Senin (20/9/2021) malam, diawali paparan dan doa bersama di Masjid Al Huda yang berada di Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto. 

Hadir pada acara tersebut antara lain Danwingdikterbang,  Para Kadis, para Komandan Satuan, Instruktur Penerbang, Ground crew, siswa SIP TNI AU A-85, SIP TNI A-86 dan siswa Kursus Operator PTTA A-4 serta para perwira terkait lainnya. 

Dalam sambutannya Danlanud menyampaikan, latihan terbang malam yang diselenggarakan merupakan salah satu bagian dari proses pendidikan Sekolah Instruktur Penerbang dan Kursus Operator PTTA di Lanud Adisutjipto yang wajib dilalui. 

"Sebelum menjadi seorang Instruktur Penerbang dan Operator PTTA yang handal, agar dapat memiliki kemampuan dan pengetahuan sesuai standar mutu yang telah ditentukan serta mampu menjawab tantangan tugas mendatang dengan sikap mental yang handal, profesional dan militan," katanya. 

M Yani Amirullah juga berpesan kepada setiap siswa agar fokus dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan latihan ini. Manfaatkan kesempatan latihan terbang malam dengan maksimal untuk mengasah pengetahuan, kemampuan serta ketrampilan sebagai Instruktur Penerbang dan Operator PTTA agar tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai.  

“Demi keberhasilan pelaksanaan latihan,  budaya dan management safety harus dipegang teguh dan dilaksanakan secara konsisten, alert terhadap segala situasi, fokus dan konsentrasi terhadap tugas masing-masing mengingat pandangan dan pergerakan pada  malam hari sangat terbatas," tegasnya. 

Latihan Terbang malam Siswa SIP TNI AU A-85, SIP TNI A-86 diikuti oleh 24 orang siswa direncanakan mulai tanggal 20 September sampai dengan 5 Oktober 2021. Sedangkan bagi mantan siswa FIC Australia diikuti oleh 2 IP dan kursus Operator PTTA A-4 dikuti oleh 6 orang siswa dan akan berakhir 21 September malam. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00